Banjir di Perumahan Bumi Mangli, Petugas dari Polres Jember Bahu Membahu Bantu Warga



Jember, - Hujan deras yang melanda Jember pada Minggu (9/1/2021), tidak hanya menyebabkan banjir di perumahan Bumi Mangli saja, akan tetapi jalur utama menuju kota Jember di Jalan Hayam Wuruk tepatnya di sekitar kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember juga tergenang banjir hingga setinggi lutut orang dewasa, jalur menuju kota dan sebaliknya mengalami kemacetan yang cukup panjang.

 
Tidak sedikiti kendaraan yang mogok akibat dari banjir tersebut, terlihat sejumlah petugas dari Polres Jember bahu membahu membantu warga yang terjebak kemacetan, serta mengatur lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan untuk mencari jalur alternatif.

 
“Anggota Polres Jember dan Satlantas melakukan penutupan di simpang 4 Mangli, terutama yang menuju kota, kendaraan dialihkan melalui jalur alternatif, karena di sepanjang jalan mulai dari depan kantor OJK hingga depan New Sari Utama air menutup jalan hingga setinggi lutut orang dewasa,” ujar Kasi Humas Polres Jember Iptu. Brisan.


 
Tidak hanya jalan raya yang digenangi banjir dan menyebabkan kemacetan, sejumlah rumah di Kelurahan Sempusari juga sebagian terendam banjir, terutama perkampungan yang ada di belakang kantor OJK. “Beberapa petugas dari Kepolisian bersama BPBD dan Muspika saat ini masih di lokasi untuk membantu warga mengamankan barang-barangnya,” beber Kasi Humas.

Sementara Bupati Jember H. Hendy Siswanto langsung turun ke lokasi banjir untuk melakukan pengecekan dampak dari banjir yang saat ini sudah mulai surut, dalam kesempatan tersebut, Bupati menyatakan, bahwa pihaknya sejak siang sudah melakukan monitor terhadap BPBD Jember, sehingga begitu mendengar adanya banjir, langsung siaga dan menuju lokasi.

“Sejak siang tadi saya sudah memonitor situasi melalui tim dari BPBD yang terus memberikan laporan. Karena itu saya langsung putuskan untuk terjun ke lapangan melihat kondisi secara langsung dan memastikan warga yang terdampak segera mendapat pertolongan,” kata Bupati Hendy saat meninjau lokasi banjir di Bumi Mangli Permai dan Mangli Residence.

Selain memeriksa kondisi beberapa titik sungai dan pintu air, Bupati Hendy juga memerintahkan BPBD dan seluruh stakeholder terkait untuk melakukan penanganan dampak banjir dengan cepat. Bupati Hendy juga menegaskan akan segera melakukan upaya mitigasi terkait penanganan wilayah-wilayah yang rawan terjadi banjir.

“Yang terpenting jangan sampai ada korban jiwa, setelah itu baru kita bentuk pos penanggulangan untuk kebutuhan warga terdampak, termasuk tempat pengungsian apabila memang diperlukan,” ujarnya menambahkan.

Menghadapi musim hujan ini, Bupati Hendy meminta warga untuk tetap tenang dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi saat banjir terjadi di lingkungan tempat tinggal. Mulai dari menyimpan dokumen penting, menyiapkan alat siaga banjir dan memantau informasi dari media dan instasi yang terpercaya. (Humas Polres Jember)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url