Ajak Pengusaha APINDO Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa Investasi di Sektor Pertanian



Surabaya,- Nuswantoropos.com Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk meningkatkan investasi di sektor pertanian, hortikultura, maupun peternakan.
 
Ajakan tersebut, dikemukakan Gubernur Khofifah, pada pembukaan Musyawarah Provinsi ke IX Apindo Jatim, di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (21/1/2022).
 
"Siapa tahu ada yang tertarik untuk berinves di sektor peternakan, kemudian hortikultur, kemudian ada kopi, kemudian ada juga kakao," ujarnya.
 
Gubernur Khofifah juga mendorong ketertarikan Apindo, untuk turut meningkatkan produksi padi di Jatim. Selama ini, beras yang dihasilkan masih level medium, sehingga bisa meningkat jadi premium.
 
"Yang selama ini beras kita masih banyak yang medium kita berharap akan ada yang berkenan inves untuk medium ke premium," imbuhnya.



Salah satu bentuk investasi peningkatan produksi padi adalah penyiapan alsintan-nya (alat mesin pertanian), seperti harvester (alat pemanen padi). Yang menurut Khofifah, bisa membantu mengurangi kerugian.
 
"Yang kalau dipanen manuel itu bisa loss-nya itu 10 persen, dengan harvester bisa di bawah 1 persen. Betapa ini kalau dihitung produktivitas pertanian kita dan tambahnya kesejahteraan petani kita itu akan berlipat," tuturnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum DPN Apindo, Hariyadi Sukamdani mengaku mendukung apapun lebijakan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.
 
"Ya tentunya kami sangat menyambut baik ya, jadi misinya Apindo itu adalah mengupayakan nilai tambah dari potensi yang ada di nasional," ungkapnya.
 
"Apakah itu substitusi impor atau mengolah sumber daya yang ada di Indonesia. Ini menjadi mempunyai nilai tambah yang lebih tinggi, jadi itu memang sejalan," tandasnya. (Samisri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url