Advertisement

Sumur Jobong di Pandean Gang 1 depan rumah no. 48-50 RT.01 RW. XIII Kelurahan Peneleh, Jejak di Surabaya Sudah Ada Kampung Pada Jaman Majapahit.

Kamis, 09 Desember 2021, Desember 09, 2021 WAT
Last Updated 2021-12-10T06:25:32Z

Surabaya,- Nuswantoro Pos.com Menyusuri kampung-kampung tua Surabaya ternyata banyak meninggalkan jejak sejarah masa lalu yang erat kaitannya dengan perkembangan Kota Pahlawan. Banyak peninggalan sejarah itu tersebar di kampung tua Surabaya. Salah satu yang terekspos dan baru ditemukan pada Bulan Oktober 2018 lalu adalah sumur tua di Kampung Pandean Surabaya, tepatnya di Jalan Pandean Gang 1.

Warga sekitar cukup mengenal sumur tua itu dan menyebutnya sebagai Sumur Jobong. Sumur tua ini ditemukan pada pertengahan pada 31 Oktober 2018 lalu oleh tukang bangunan yang saat itu sedang mengerjakan proyek pekerjaan penggalian tanah untuk drainase.

“Ada proyek pembangunan gorong-gorong saluran air di kawasan ini. Setelah menggali kedalaman 1 meter, ditemukan bata yang tertata 1 meter persegi,” kata Agus warga setempat dan sekarang menjadi juru kunci di sumur tersebut yang rumahnya berada persis di depan sumur itu.

Ketika temuan ini dilaporkan ke aparat lingkungan RT setempat, dengan hati-hati dilakukan penggalian dan terlihat goresan bulat seperti cincin. Dan terlihatlah ada sumur tua yang berada di tengah pemukiman warga. Secara detail Agus mencerita kan nya.

Pada Tanggal 31.Oktober. 2018 di jalan Pandean gg.1 depan rumah no. 48,50 RT. 01 - RW. XIII Kelurahan Peneleh Kecamatan Genteng kota Surabaya telah di ketemukan sebuah Sumur bersejarah massa peninggalan Kerajaan Singosari namanya Sumur Jobong Mojopahit waktu di temukan sumur tersebut kebetulan ada perbaikan gorong saat penggalian kedalaman 2 meter bapak Gandi si penggali menemukan tumpukan batu bata yang tertata rapi dan batu tersebut akan di hancurkan oleh bapak Gandi yg berasal dari Mojokerto itu ada seorang pemuda yg kebetulan Humas RW Pandean yang rumahnya berada di dekat Sumur tersebut namanya Agus Makmur yang telah melarang bapak Gandi menghancurkan batu tersebut, ternyata d bawah tumpukan batu tersebut d temukan Sumur Jobong yang sumbernya tembusan di segala Sumber se pulau Jawa, konon katanya Sumur Jobong tersebut Puser nya Surabaya dan air tersebut mengandung Mukjizat yang luar biasa, dan sampai sekarang Sumur Jobong tersebut sudah banyak yang menngunjungi baik dalam dan luar kota Surabaya maupun dari luar pulau jawa, keterangan dari mas Agus Makmur sebagai juru kunci Sumur Jobong tersebut sampai sekarang ini masih di rawat hingga saat ini, kelihatan rapi dan bersih. (Sugeng)




berita ViralMore