Operasi Lilin Semeru, Kapolres Lumajang Fokus Kamtibmas dan Antisipasi Penyebaran Covid-19



Lumajang,- Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan operasi Lilin Semeru 2021, yang nantinya akan digelar di wilayah hukum Polres Lumajang, Jawa Timur, tepatnya dalam upaya pengamanan natal dan malam pergantian tahun baru.

Dalam operasi Lilin kali ini, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengajak semua pihak untuk saling bersinergi, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” Ulas Kapolres.

Selain tertuju pada tempat ibadah, Kapolres menyebut jika pengamanan dalam operasi tersebut, nanti juga berarah pada tempat wisata hingga pusat perbelanjaan,

“Operasi Lilin Semeru ini nanti akan berlangsung selama 10 hari. Tepatnya mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Operasi itu melibatkan aparat TNI, Pemda dan beberapa stakeholder lainnya,” ujar Kapolres dalam apel operasi Lilin Semeru di Mapolres Lumajang pada Kamis, 23 Desember 2021.

Ratusan aparat Kepolisian, ungkap AKBP Eka Yekti, bakal dikerahkan dalam upaya pengamanan mendatang. Personel tersebut, akan ditempatkan di 3 pos pengamanan yang sudah tersebar memantau Kamtibmas dan Kamseltibcar di Lumajang.

“Ada 441 personel. Itu terdiri dari 200 aparat Polres dan 241 personel gabungan dari TNI dan instansi lainnya,” kata AKBP Eka Yekti.

Kapolres berharap, terdapat beberapa hal lain yang harus diantisipasi oleh personel operasi Lilin Semeru. Bukan hanya soal pencegahan adanya klaster baru pandemi saja. Namun, beberapa hal yang bisa menganggu Kamtibmas di Lumajang harus diantisipasi.

“Seperti adanya ancaman terorisme, radikalisme, sabotase dan tindak kriminal lainnya. Tapi, itu semua sudah kita mapping,” ucap Kapolres. “Untuk itu, saya berharap, semua jajaran segera menentukan langkah antisipasi, termasuk antisipasi bencana yang terjadi, kita harus siapkan,” imbuh AKBP Eka Yekti.
Kapolres juga menghendaki, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kecenderungan under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

“Untuk itu, saya harapkan seluruh Jajaran mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,” tegas Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan kepada personel pengamanan sebagai pedoman dalam melaksanakan operasi.

“Beberapa penekanan saya kali ini, pertama siapkan mental dan fisik serta menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,”.

“Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022, Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,”.

“Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” pungkas Kapolres. (Oborlmj)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url