Koarmada II Lolos Penilaian Dan Raih Predikat Zona Integritas WBK/WBBM 2021




TNI AL. Koarmada II. Surabaya, - Sempat gagal di tahun 2020 tidak membuat Koarmada II menyerah untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi.  Belajar dari kegagalan yang dialami, Tim Zona Integritas Koarmada II berjuang kembali di tahun 2021 ini. Dan memang benar usaha tidak  mengkhianati hasil, Koarmada II berhasil melewati tahap demi tahap penilaian hingga dipastikan lolos meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kabar baik ini diterima Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Koarmada II yang diketuai oleh Kepala Staf Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi melalui pesan singkat dari Srena Mabesal pada Kamis, (16/12).

WBK sendiri adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kerja, dan penguatan pengawasan.

Sedangkan ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi. Secara umum, targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik.

Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. Untuk Koarmada II , aplikasi Halo Armada II menjadi salah satu inovasi yang diunggulkan.

"Untuk mendapat predikat WBK juga tidak mudah. Satuan kerja harus memenuhi beragam kriteria yang telah ditetapkan. Dan kita juga telah melalui serangkaian evaluasi ," ujar Laksma Rachmad.

Ia menambahkan bahwa  poin utama dari Zona Integritas menuju WBK adalah merubah mindset seluruh Prajurit Koarmada II untuk membangun pola pikir dan budaya kerja baru, dalam upaya mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja birokrasi yang bebas dari korupsi. "Jadi untuk meraih predikat WBK ini bukanlah pekerjaan mudah dan dibutuhkan kerja keras, niat tulus serta kemauan untuk berubah," imbuhnya.

Untuk acara penganugerahan predikat Zona Integritas WBK/WBBM 2021 dijadwalkan akan berlangsung pekan depan, tepatnya Senin ,20 Desember 2021 secara online.

(Pen2)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url