Khawatirkan Kondisi Gunung Raung, Kapolres Bondowoso dan BPBD Lakukan Pengecekan



Khawatirkan Kondisi Gunung Raung, Kapolres Bondowoso dan BPBD Lakukan Pengecekan
Memontum Bondowoso – Kepolisian Resort Bondowoso dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau kondisi Gunung Raung di Desa Rejo Agung, Kecamatan Sumberwringin-Bondowoso. Peninjauan dilakukan, untuk memastikan status Gunung Raung serta berbagai kesiapan jalur evakuasi, manakala terjadi hal yang tidak diinginkan. Demikian disampaikan Kapolres Bondowoso, AKBP Herman Priyanto, Rabu (08/12/2021).

“Kami cek kondisi dan status Gunung Raung di Desa Rejo Agung. Kami juga memastikan kondisi jalur evakuasi,” tegasnya.

Kapolres menambahkan, kondisinya sementara aman dan belum menunjukkan aktivitas yang mengkhawatirkan. Karena masih berada dalam level satu atau normal.

Meski begitu, lanjutnya, perlu untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai langkah antisipasi. Karena itulah, dalam pengecekan tersebut pihaknya juga melibatkan Kalaksa BPBD dan seluruh anggota Forum Pimpinan di Kecamatan Sumber Wringin.

“Kami terus pantau dari dekat atau terus melakukan komunikasi dengan OPD terkait,” ujarnya.

Sementara itu, mengutip dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG – Pos Pengamatan Gunungapi Raung https://magma.esdm.go.id/, dijelaskan bahwa pada periode pengamatan 7 Desember 2021, cuaca berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah selatan. Suhu udara 20-32 °C. Volume curah hujan 17.1 mm per hari.

Dan secara visual, tampak gunung secara jelas, kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100-200 m di atas puncak kawah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url