Siswa Diktukba TNI AL Angkatan LII Kejuruan Mesin Dan Listrik Kodiklatal Lattek Menembak Senjata Ringan




Surabaya Surabaya,- Dalam rangka meningkatkan kemampuan sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin di KRI, Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-52 Kejuruan Mesin dan Listrik yang saat ini sedang menempuh pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Menembak Senjata Ringan di lapangan tembak Kodiklatal J.W. Kainama, Bumimoro, Surabaya. Minggu, (21/11/2021).

Kegiatan Lattek yang dilaksanakan selama satu hari dibuka oleh Komandan Pusdiktek (Danpsudiktek) Kodikdukum Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Menembak Senjata Ringan siswa Diktukba TNI AL Angkatan Ke-52 Kejuruan Mesin dan Listrik. 

Tampak hadir dalam acara tersebut Komandan Sekolah Bintara Pusdiktek Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md. sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Siswa Diktukba serta Komandan Sekolah Perwira dan Komandan Sekolah Tamtama Pusdiktek.

Danpsudiktek Kodikdukum Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Menembak Senjata Ringan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang bongkar pasang dan pengoperasian senjata ringan, sehingga dapat  mengaplikasikannya  dalam kedinasan TNI Angkatan Laut sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin dan Listrik di KRI. 

Sedangkan sasaran lattek yaitu para siswa mampu menjelaskan pengertian senjata ringan dengan baik dan benar, menjelaskan data teknis dan bagian-bagian senjata ringan dengan baik dan benar, melaksanakan prosedur bongkar pasang senjata ringan dengan baik dan benar, melaksanakan prosedur pengoperasian senjata ringan dengan baik dan benar, serta melaksanakan  pemeliharaan dan perawatan senjata ringan dengan baik dan benar.

Berbagai materi Lattek Menembak Senjata Ringan diberikan berkaitan teori menembak dengan menggunakan Senjata SS1, dilanjutkan praktek menembak percobaan 5 butir peluru, dan praktek menembak 30 butir peluru, serta pemeliharaan dan perawatan senjata ringan. Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penggunaan senjata ringan SS1 dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.

Sehubungan masih pandemi Covid 19, proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 yang harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url