Advertisement

Rakor Evaluasi Percepatan Vaksinasi, Kapolres Lumajang Sebut Sasaran Utama adalah Lansia

Jumat, 19 November 2021, November 19, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-19T18:29:05Z


Lumajang,- Upaya peningkatan capaian vaksinasi semakin digencarkan oleh tiga pilar di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Peningkatan capaian vaksinasi itu, merupakan tindak lanjut dari evaluasi sebelumnya terkait capaian vaksinasi di Lumajang yang dinilai masih rendah.

Berkaitan dengan itu, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. menegaskan jika pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah guna tercapainya target vaksinasi. Salah satunya, adalah sasaran vaksinasi dan strategi.

“Vaksin, strategi dan sasaranya sudah ada. Sumberdaya vaksinator kita, sudah siap. Tergantung bagaimana nanti pelaksanaan di lapangan,” kata Kapolres saat rakor evaluasi percepatan vaksinasi di Pendopo Arya Wiraraja, Pemkab Lumajang. Kamis, 18 November 2021 siang.

Percepatan vaksinasi, kata Kapolres, harus segera dilakukan dalam kurun waktu tujuh hari ke depan. Pasalnya, percepatan itu dilakukan guna perubahan status level PPKM Lumajang. 

“Sasaran utamanya, adalah lansia. Sekarang Lumajang masih level 3. Kalau bisa dalam kurun waktu 7 hari selanjutnya bisa ke level 1 PPKM, harus berubah level,” tegasnya.

Kapolres kembali mengungkapkan, selain peran Pemerintah, dalam upaya percepatan vaksinasi di wilayah hukumnya kali ini, tentunya memerlukan peran masyarakat. Pasalnya, kata Kapolres, masyarakat sangat berperan penting mendukung capaian vaksinasi tersebut.

“Terutama kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan, dan wawasan masyarakat akan pentingnya mengikuti vaksinasi. Nanti kita juga melakukan vaksinasi door to door. Artinya, masyarakat tidak perlu datang ke gerai vaksin. Cukup kita yang datang ke rumah warga, dan memberikan layanan vaksinasi dengan aman dan nyaman,” ulasnya.

Di sela-sela evaluasi tersebut, Kapolres juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel untuk percepatan vaksinasi di Lumajang.

“Ya, saya sudah memerintahkan Vaksinator dari Si Dokkes Polres Lumajang sekaligus Bhabinkamtibmas pada masing-masing desa untuk melaksanakan vaksinasi Door to Door, jika perlu hingga malam hari, ini dilakukan semata-mata untuk melayani masyarkat, terutama yang pagi sampai sore harinya bekerja, malamnya kami datangi untuk divaksin,” Pungkasnya. (oborlmj)

berita ViralMore