Advertisement

Doa NGUDA RASA Memohon Keselamatan Bersama Lembaga Swadaya Masyarakat KBRS Perjuangan.

Jumat, 03 September 2021, September 03, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-03T11:14:55Z
Surabaya,-Nuswantoro Pos.com
Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memohon doa keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari wabah penyakit dan segala musibah.

Seperti yg dilakukan oleh LSM KBRS Perjuangan dalam memanjatkan doa keselamatan lewat serangkaian acara Nguda rasa yang menceritakan tentang diri seseorang atau banyak orang atau biasa disebut rakyat.

Dimana ketika rakyat sudah tidak punya Marwah lagi dalam berdaulat, maka mereka akan menjadi suatu konotasi dan stigma baru bahwa rakyat adalah sekelompok orang yang selalu menghiba-hiba dalam jubelan dan antrian panjang untuk mendapatkan bantuan dan santunan dari negara yang sering disunat berkali - kali.

Oleh karenanya dalam riwayat masyarakat/rakyat jaman dulu sangat meyakini ketika suatu masa telah mengalami carut marut problem sosial atau problem kemanusiaan yang tidak lagi bisa terkendali, maka niscaya akan mengundang suatu wabah penyakit/pandemi/pagebluk".kata Yanto Banteng selaku Ketua KBRS Perjuangan.

Satu - satunya yang bisa dilakukan seseorang hanya nguda rasa, sebagai ungkapan kepasrahan, kekalahan, dan setitik harapan": tegasnya.

Dalam konteks persoalan nguda rasa tersebut kita mencoba diingatkan bahwa seseorang atau banyak orang ketika rasa kemanusiaannya telah mati dan keserakahan menjadi sesuatu yang diagungkan, Maka kita telah kehilangan Marwah dan megap - megap karena tidak punya kedaulatan yang manusiawi sebagai anomali yang mendatangkan pagebluk.(I S)

berita ViralMore