Advertisement

TNI AL EDUKASI MASYARAKAT PESISIR TENTANG PENTINGNYA KELOLA SAMPAH

Senin, 21 Juni 2021, Juni 21, 2021 WAT
Last Updated 2021-06-21T09:49:49Z

Surabaya, Nuswantoro Pos.com
TNI Angkatan Laut melalui Lanal Denpasar, yang termasuk dalam jajaran Koarmada II, menggelar program edukasi berupa aksi bersih-bersih pantai yang melibatkan sejumlah komponen masyarakat di kawasan Pantai Dusun Pegametan, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali Sabtu (19/6/2021).

Aksi yang bertajuk Bersih Bersih Bali–Clean Up dan Edukasi Pengelolaan Berbasis Sumber, menerjunkan personel dari tiga Pos TNI AL yakni Gilimanuk, Celukan Bawang dan Sangsit,  yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, sejumlah camat, kepala desa dan kelompok pecinta lingkungan dari Karang Taruna Kecamatan Gerokgak, Sasmita Pradana Utama Desa Sumberkima, Sekaa Demen Grokgak, Pramuka Peduli Lingkungan dan BSK, hingga siswa Sekolah Alam Desa Sumberkima.


Menurut Paspotmar Lanal Denpasar mewakili Komandan Lanal, Mayor Marinir Nyoman Suarmika, aksi bersih pantai merupakan upaya edukasi mereka kepada masyarakat agar tidak terbiasa membuang sampah sembarangan. 

“Semua potensi yang memberikan kontribusi sampah plastik sudah dikurangi, seperti mini market dan pusat perbelanjaan lainnya. Hanya saja kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan belum sepenuhnya tumbuh. Terbukti masih ada sampah plastik yang membuat kotor,” ujar Paspotmar. Ia pun menambahkan jika pemerintah daerah telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) soal tata kelola sampah plastik, dan telah diberlakukan untuk mendukung kebersihan lingkungan.

Sementara itu disisi lain Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), merespon positif kegiatan yang dilaksanakan oleh Potmar Lanal Denpasar. Menurutnya hal ini adalah bagian dari implementasi program Kampung Bahari Nusantara yang digagas oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M , dengan  tujuan memberdayakan warga pesisir secara optimal sehingga masyarakatnya bisa sejahtera. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat di pesisir tentang pentingnya lingkungan yang bersih,indah dan asri lewat aksi bersih-bersih pantai.

 “Diharapkan dengan kondisi pantai yang  asri bisa mendorong berkembangnya potensi pariwisata di tempat tersebut,”tandas Pangkoarmada II.(Chris)

berita ViralMore