Iklan

Saturday, October 17, 2020, October 17, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-17T14:38:17Z
UMUM

MAHASISWA PAPUA YOGYAKARTA MENDUKUNG OTSUS JILID II

YOGYAKARTA, Jombang Pos - (17/10/ 2020). Mahasiswa Papua di Yogyakarta menggelar deklarasi di depan Bundaran Universitas Gajah Mada  sekitar tiga puluh orang sebegai bentuk dukungan terhadap pemerintah agar Otsus Papua Jilid II dilanjutkan. Kami Mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam   "Koalisi Mahasiswa Papua Yogyakarta Bersatu " memandang Otsus Papua Jilid II dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan Papua, terutama soal pendidikan. Kata salah satu kordinator deklarasi Baren

"Mahasiswa Papua memberikan dukungan Otonomi Khusus Papua Jilid II dilanjutkan adalah sebuah kewajiban, apalagi hal ini menyangkut dengan pendidikan, peningkatan SDM Papua harus menjadi menjadi prioritas pemerintah.  " Otsus Papua Jilid II harus lanjut dengan catatan harus berpihak terhadap dunia pendidikan. 

Baren juga berharap ke pemerintah Daerah agar membuat Perdasus Papua yang yang berpihak terhadap OAP, contohnya calon Bupati harus asli orang Papua. Baren menambahkan Dalam deklarasi di bundaran UGM Yogyakarta adalah keinginan mahasiswa Papua sebagai langkah kongkrit untuk memberikan dukungan

Otsus Papua Jilid II harus  menjamin mahasiswa Papua yang lagi kuliah, makan kami akan terus berjuang menyampaikan aspirasi ke pemerintah pusat agar Otsus Papua Jilid II tetap dilanjutkan, selain itu harus ada badan pengawasan anggaran.
Otsus terkait kebijakan anggaran Otsus Papua Jilid II.

Otsus Papua Jilid II dilanjutkan dengan memperhatikan aspek pembangunan dan kesejahteraan soasial melalui skema anggaran Otsus Papua Jilid II yang meliputi prioritas pada infrastruktur dan beasiswa pendidikan.

Menurut Perwakilan OKP, Ketua Lingkar Studi Mahasiswa Muhammad Yusuf, bahwa kami hari ini bersama teman-teman Indonesia Timur mengawal, mendorong serta ikut berjuang untuk kebaikan Papua. 

"Bahwa hari ini Presiden Jokowi telah menggelontorkan dana sebesar itu untuk pembangunan pendidikan serta peningkatan SDM Papua" tutur Mubarok. 

Kita mendorong komitmen presiden berlanjut untuk Papua yang lebih baik serta selalu mendapatkan perhatian khusus untuk pemerintah.

"Kami akan selalu bersama kawan-kawan Papua konsisten mengawal serta bersama meminta Otsus untuk jilid II untuk dilanjutkan" tegas Mubarok.

Dalam aksi kali ini, Mahasiswa Papua didampingi oleh OKP, Gerakan Pemuda Nusantar, Garda NKRI serta Lingkar Studi Mahasiswa, Barisan Pemuda Indonesia.(TEAM REDAKSI)