Iklan

Thursday, June 18, 2020, June 18, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-19T00:18:38Z
UMUM

KLARIFIKASI LURAH GENTENG SURABAYA TERKAIT UNDANGAN WARGA RW 08 TIDAK DAPAT BSNT

SURABAYA, Java Crime - Lurah Genteng Kecamatan Genteng Surabaya Nuriati S.sos, M.M., merasa terpukul dengan keputusannya untuk menandatangani Undangan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) yang diberikan pada warga RW 8 berupa penerima Bantuan Sosial Beras 20 kg, Telur 30 butir, Kacang hijau 1/2 kg dan Buah pier 3 butir.

Dalam klarifikasinya yang diterima awak media, Lurah Genteng yang didampingi Kasi Kesrah mengungkapkan, Kronologinya, pihak kelurahan menerima data dari pendamping Kemensos adanya acara BSNT, Pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020, yang di mulai pukul 08:00 - 12:30 wib, di Balai RW 11 Gotong royong yang bertempat di Jl. Urip Sumoharjo Surabaya, (Parkiran mobil dekat Food Court). 

“Mendapat kabar dan informasi tersebut, Saya selaku Lurah Genteng membuat Undangan sesui data yang di terima Kemensos dan langsung memberikannya pada warga yang berhak, dengan rasa syukur dan gembira luar biasa saya sampaikan kepada seluruh warga supaya mendatanginya ditempat yang sudah ditentukan," ungkap Nuriati, Lurah Genteng. Kamis (18/6/2020) di kantor Kelurahan Genteng.

Oleh sebab itu seharusnya selaku Lurah lebih bijak, dan kroscek, cek dan ricek dalam menyetujui dan memutuskan sebelum menandatangani dokumen atau data apapun dalam bertindak, walaupun data tersebut di peroleh dari pendamping Kemensos. Apalagi memberikan keterangan hanya menandatangani saja saat di minta klarifikasi oleh awak media.

“Masalah pendataan kita kelurahan tidak tau karena pendataan tersebut dari pendamding Kemensos," tuturnya.

Seharusnya selaku Lurah dan sebagai ibu yang menaungi RT/RW di wilayahnya peduli, jangan berdalih tidak tau menau data yang didapat terkait warganya yang kurang mampu yang berhak menerima bantuan.

"Lebih lanjut, saya sarankan menanyakan ke Rini selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) atau pendamping Kemensos. Karena ia, seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial untuk membantu menyelenggarakan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan Genteng." jelasnya.(g'penk)