Nuswantoro Pos: PUNCAK HKSN SIAPKAN 15.000 MAKANAN, RELAWAN SOSIAL PECAHKAN REKOR MURI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PUNCAK HKSN SIAPKAN 15.000 MAKANAN, RELAWAN SOSIAL PECAHKAN REKOR MURI

Friday, December 20, 2019


KALIMANTAN SELATAN, Nuswantoro Pos - Kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap, dan perilaku yang dilandasi pengertian, kesadaran, dan tanggung jawab untuk mengatasi masalah. Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2019 yang dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin tersebut berpusat di Area Kantor Sekretariat Daerah (Setda)  Provinsi Kalimantan Selatan pada 20 Desember 2019.


Rangkaian kegiatan diramaikan dengan bakti sosial, lomba foto Kesetiakawanan Sosial, lomba lintas batas Kesetiakawanan Sosial, HKSN Expo, Malam Refleksi Kesetiakawanan Sosial serta pada puncak peringatan diselenggarakan  Lomba Dapur Umum Lapangan yang diikuti oleh seluruh relawan sosial bergerak yang hadir. 


Lomba yang diikuti sebanyak 1.500 relawan sosial dari unsur Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Pelopor Perdamaian,  Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), SDM Program Keluarga Harapan (PKH)  yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,Kalimantan Tengah, JawaTimur, JawaBarat, Banten,  DIY turut serta dalam pemecahan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk memasak dan menyiapkan sebanyak 15.000 porsi besek dengan menu yang terdiri dari nasi putih, telur masak merah, ayam opor, ikan cakalang dan mi goreng.


Salah satu relawan sosial dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,  Saripah mengatakan "selama mengikuti kegiatan HKSN ini saya merasakan kebersamaan diantara para relawan sosial, saya juga belajar menahan ego karena saya merasakan adanya rasa kekeluargaan diantara semua unsur relawan sosial." 


Bagi saya pribadi dapat hadir di kegiatan HKSN merupakan sebuah kehormatan terutama dapat ambil bagian dalam pemecahan rekor MURI ini," tambahnya.


Saat ditemui dilapangan,  Kasubdit Perlindungan Korban Bencana Alam, Iyan Kusmadiana menyampaikan,  "kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur relawan sosial di Kalimantan Selatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Terdapat dua kolaborasi besar para relawan sosial yaitu Tagana Masuk Sekolah dengan sasaran sebanyak 95 ribu siswa dan kegiatan makanan siap saji dapur umum lapangan sebanyak 15 ribu porsi.


Bukan hanya fokus pada jumlah namun sinergitas semua pilar sosial dalam penanganan permasalahan sosial. Diharapakan penanganan masalah-masalah sosial kedepan, para relawan sosial dapat bersinergi. Sebagai contoh saat terjadi bencana kebakaran,  banjir, longsor dan lainnya,  tidak hanya Tagana yang ada dilokasi,  tapi semua potensi sosial saling membantu," tambahnya. 


Ridho Al-Amin, perwakilan MURI yang meninjau langsung kegiatan lomba tersebut menerangkan,  "MURI dalam memberikan penilaian memiliki kriteria diantaranya penilaian kecepatan dan ketepatan persiapan, higienitas dan sanitasi, rasa dan keamanan/keselamatan.
(Tim PSKBA)
cetak agenda surabaya