Nuswantoro Pos: POLRES TANJUNGPINANG GELAR KONFERNSI PERS TINDAK PIDANA PENCURIAN UANG DI DALAM KENDARAAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

POLRES TANJUNGPINANG GELAR KONFERNSI PERS TINDAK PIDANA PENCURIAN UANG DI DALAM KENDARAAN

Saturday, November 23, 2019


Tanjungpinang, Nuswantoro Pos - Bertempat di lobi Polres Tanjungpinang dilaksanakan *Konferensi Pers Tindak Pidana Pencurian Uang Dalam Kendaraan* yang dipimpin oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si didampingi Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK, Kasat Reskrim AKP Efendri Ali, MH dan Kasubbag Humas IPTU Jaya S., Jumat (22/11/2019).


Kapolres Tanjungpinang dalam Konferensi Pers menyampaikan kronologi kejadian yaitu pada hari Senin tanggal 11 November 2019 sekira pukul 11.00 wib bertempat di Jl. DI. Panjaitan tepatnya di samping Bank BTN 2 (dua) orang pelaku inisal RAH dan TE duduk di atas kendaraan sepeda motor merk Suzuki Satria warna hitam tanpa plat nomor bermaksud mengintai orang yang keluar masuk Bank dengan membawa sejumlah uang yang mana ada beberapa Bank di lokasi tempat mereka melakukan pengintaian.


Sekira pukul 12.00 wib kedua Pelaku melihat ada seseorang yang keluar dari Bank Mandiri dengan membawa kantong plastik warna hitam yang berisikan sejumlah uang.
Kemudian TE menghubungi Pelaku lainnya yaitu WK yang kemudian datang bersama Pelaku MA menggunakan sepeda motor Honda Beat warna putih menghampiri TE dan RAH.


Tak lama berselang, MA mendekati mobil yang dinaiki oleh orang yang membawa kantong plastik hitam tersebut dan meletakkan paku sepanjang kurang lebih 2 inci di ban belakang sebelah kiri mobil.


Korban yang tak menyadari bahwa kendaraannya dari awal telah diberi paku oleh Pelaku sehingga tak berapa lama dikendarai ban kendaraannya bocor. Kemudian korban berhenti di bengkel yang berada di Toko Sri Jaya Motor km.6 Tanjungpinang kemudian korban keluar dari mobilnya dengan meninggalkan kantong plastik hitam yang berisikan uang dan memasuki toko tersebut.


4 orang Pelaku yang dari awal telah mengikuti korban ketika melihat korban keluar dari mobil kemudian salah satu pelaku yaitu WK membuka pintu mobil sebelah kanan / supir tempat keluarnya korban dan mengambil kantong plastik hitam tersebut. Kemudian ke 4 Pelaku menuju ke rumah Kos mereka yang terletak di Km. 16 Kab. Bintan.


Setiba di rumah Kos, ke 4 Pelaku membuka kantong plastik hitam tersebut dan mendapati uang sejumlah Rp. 215.000.000,- (Dua Ratus Lima Belas Juta Rupiah).

 
Sekira pukul 15.00 wib Jajaran Sat Reskrim Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan ke 4 Pelaku berikut barang bukti di rumah Kos mereka kemudian dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut di Polres Tanjungpinang.


Adapun identitas ke 4 Pelaku yaitu:
1. RAH, laki-laki berusia 29 tahun beralamat di Kota Batam.
2. MA, laki-laki berusia 44 tahun beralamat di Kota Batam.
3. TE, laki-laki berusia 30 tahun beralamat di Kab. Muara Enim Prov. Sumatera Selatan.
4. WK, laki-laki berusia 34 tahun beralamat di Kab. Ogan Komerling Ilir Prov. Sumatera Selatan.


Barang bukti yang diamankan sbb:
1. Uang tunai Rp. 155.000.000,- (seratus lima puluh lima juta rupiah).
2. 1 buah paku.
3. 1 unit sepeda motor Honda Beat warna putih.
4. 1 unit sepeda motor Suzuki Satria F warna hitam.
5. 4 unit  Handphone yang belum diketahui siapa pemiliknya.

Terhadap ke 4 Pelaku dikenakan Pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 7 (tujuh) tahun penjara.
(Kasubbag Humas Polres Tanjungpinang IPTU JAYA SAPUTRA)
cetak agenda surabaya