Nuswantoro Pos: JAJARAN FORKOPIMKA TARIK HADIRI PELANTIKAN BPD DESA MARGOSARI KECAMATAN TARIK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

JAJARAN FORKOPIMKA TARIK HADIRI PELANTIKAN BPD DESA MARGOSARI KECAMATAN TARIK

Saturday, November 9, 2019


Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Dalam rangka pelantikan BPD yang di hadiri Forkopimka beserta jajaran , diantaranya Danramil Tarik Kapten Arm Teguh Yudi Irbayanto SH, Pelantikan dan pengambilan sumpah oleh camat tarik Bapak Iswadi Pribadi S.Sos MMT yang di dampingi Kepala KUA kecamatan tarik. Jum'at (8/11/19)

Pergantian anggota badan Permusyaratan desa atau yang kenal dengan BPD dilaksanakan setiap 6 tahun sekali,  Pemilihan BPD yang diawali melalui penjaringan mulai dari Tingkat RT di bawa tingkat RW kemudian tingkat Rw nama-nama tersebut dibawa tingkat desa untuk di rapatkan dan  dipilih di ambil 5 orang yang terbaik.


Pemilihan anggota BPD adalah wakil dari tokoh-tokoh yang ada desa, Berdasarkan dengan keterwakilan dari tingkat desa yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. Masa jabatan anggota BPD ialah 6 tahun dan dapat diangkat atau diusulkan kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kapala Desa maupun Perangkat Desa.


Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati, Badan Permusyawaratan Desa atau BPD memiliki tugas pengawasan yang berada di tingkat desa atau lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD bisa disebut sebagai parlemen di desa, yang memiliki struktur organisasi di luar pemerintah desa.


Dalam penyampaiannya Camat Tarik pada intinya  mengatakan Dengan di lantiknya BPD yang baru di harapkan bisa kerjasama, Berkesinambungan dengan lembaga-lembaga yang ada di desa. Harapannya kepada anggota BPD yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai perpanjangan dari warga masyarakat. "Pungkasnya"


Dalam keterangannya Babinsa desa Mergosari Serka Saiful Anam yang turut hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut, "Mengatakan." Selamat atas penetapan BPD di desa Mergosari  periode 2019 s/d 2025, Dengan dilaksanakannya pelantikan ini diharapkan BPD bisa bekerjasama sama dengan kami, dan kami dari TNI dalam hal ini Koramil Tarik selalu mendukung program dari pemerintah desa dan Babinsa juga berpesan BPD yang baru di harapkan bisa melanjutkan program yang di rencanakan BPD yang lama, yang belum bisa terlaksana. "Ungkap" Serka Saiful Anam.(zeey)
cetak agenda surabaya