Nuswantoro Pos: BABINSA KORAMIL 0816/05 TULANGAN KOMSOS PERAN AKTIF DENGAN TOKOH AGAMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BABINSA KORAMIL 0816/05 TULANGAN KOMSOS PERAN AKTIF DENGAN TOKOH AGAMA

Saturday, November 16, 2019


SIDOARJO, Nuswantoro Pos - Sebanyak 125 peserta Pengurus Masjid sekecamatan Tulangan dan Penyuluh KUA  mengikuti pelatihan kapasitas khatib dan Imam di Aula SD An Nafiyah Desa Kenongo. Sabtu (16/11/2019).


Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Pelda Sutomo mewakili undangan  Danramil Tulangan Kapten Inf Parlan mengatakan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan syariat Islam dan meningkatkan peran khatib dan imam dalam pembinaan spiritualitas masyarakat.


Pelatihan bagi khatib dan imam sangat bermanfaat. Mengingat peran dan kedudukan kedua pemuka agama tersebut yang selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya,”ujarnya.


Menurutnya khatib dan imam selalu berhadapan langsung dengan masyarakat dalam berbagai persoalan yang terkait pembinaan umat. 


Terlebih di tengah kemunculan berbagai fenomena penyimpangan ajaran agama oleh pihak-pihak tertentu.


Tugas dan tanggung jawab para khatib dan imam masjid dalam menangani berbagai isu agar dapat diselesaikan dengan baik, ucapnya.


Imam dan khatib dapat bersinergi dalam menjaga akidah umat.


Khatib dan imam diharapkan juga bisa menjadi saluran informasi bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan dan program-program pemerintah,” ujarnya.


Pelda Sutomo juga menilai pendidikan dan pembinaan umat melalui khutbah dan ceramah adalah satu di antara aksi penting untuk meningkatkan wawasan keislaman bagi masyarakat. 


Kegiatan Diklat Khotib dan Imam tersebut di hadiri oleh Ketua Tanfidya NU Tulangan KH.Mujaki Basri,Ketua Badan Wakof Indonesia KH.Sholeh  Kosim,Ketua MWC Banser Sidoarjo H Rizaly zaini,Kapolsek Tulangan AKP Gatot Suseno S.H.
(Iwn)
cetak agenda surabaya