Nuswantoro Pos: SEBAGAI BENTUK RASA SYUKUR ATAS KEBAHAGIAAN NIKMAT DARI ALLAH SWT

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SEBAGAI BENTUK RASA SYUKUR ATAS KEBAHAGIAAN NIKMAT DARI ALLAH SWT

Tuesday, October 22, 2019


Madura, Nuswantoro Pos - Bayi lahir bertanda rezeki dalam sebuah keluarga akan bertamba bayi barupakan berkah bagi keluarga kebahagiaan pun bertambah dengan  anggota keluarga dalam keluarga tersebut 

Sebagai bentuk rasa syukur atas kebahagiaan nikmat dari Allah dalam islam anak berusia 7 hari disunnahkan untuk aqikah. Pelasanakan aqikah yakni dengan memotongkan 2 ekor kabbing untuk anak laki -laki dan memotong 3 helai rambutnya. Dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan jugak di potong 3 helai rambutnya daging kambing tersebut kemudian di.


bagikan ketetangga atau di kasikan ke sodara paggilan famili atau di masa lalu di jadikan sajiyan untuk undangan. Namun ada yang berbedah di denagan tradisi bagi anak yang baru lahir.Di masarakat madura tradisi yang hampir mirip dengan aqiqah dalam masyarakat madura di sebut malang areh pelaksanaannya hampir sama dengan plaksanakan aqiqah.

Bedanya bayi di timang dengan menggunakan wadah. Bentuk wadanya biasanya di gendong sama bapaknya pelaksana'an malam areh untuk bayi perempuan biasanya seberumur usia 40 hari 

Setelah bayi degendong sama bapaknya ditimang dan di perihatkan seluruh undangan sambil dibacakan sholawat ada yang memegang bayi beserta wadhnya di ikuti air kembang dan farfum yang diseprotkan keseluruh undangan. Air kembang itu fungsingnya sebagai air yang di bacakan sholawat seperti alquran yang dibacakan segelas air dapat di minum dan di usapkan ke wajah sebagai obat penyegar wajah.


Selain itu sebelum di perihatkan keseluruh undangan di bawa bayi di lettakan uang kertas berdasarkan kepercayaan masyarakat itu sebagai penarik rezeki barangkali ada dari sedikit undangan yang mau menyediakan sedikit uang untuk bayi tersebut. Uang di berikan langsung di letakkan di atas bayi.


Namun tidak semua bayi yang dilaksanakan malam areh sekaligus dilaksanakan aqiqah karena ada beberapa keluarga yang tidak memiliki uang cukup untuk membeli kambing sehingga. Tak sedikit tradisi orang madura lahir di haqiqahkan. Atau jagan-jangan. Pembacakan aqiqah ini merupakan salah satu dari masyarakat madura yang belum di haqiqahkan.
(mtsr)
cetak agenda surabaya