Iklan

Monday, September 16, 2019, September 16, 2019 WIB
Last Updated 2019-09-17T05:38:30Z

KODIM 0816/SIDOARJO PERINGATI 1 MUHARRAM 1440 H



SIDOARJO, Nuswantoro Pos - Prajurit dan PNS Kodim 0816/Sidoarjo memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H di Aula Makodim 0816/Sidoarjo, Selasa (17/9) pagi. Kegiatan tersebut menghadirkan penceramah H. Teguh Santoso, S.Pdi.


Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Inf Alisun, S.Sos mewakili Komandan Kodim 0816/Sidoarjo menyampaikan, peringatan Tahun Baru Islam ini pada hakekatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi umat Islam. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa pada Tuhan Yang Maha Esa.


Dalam ceramahnya H. Teguh Santoso, S.Pdi mengimbau agar tidak henti-hentinya kita selaku umat Nabi Muhammad SAW selalu mengikuti ajaran Nabi, yang mana Beliau telah membawa umatnya dari zaman jailiyah sampai zaman yang penuh pengetahuan seperti sekarang.



Kita jangan terlalu percaya tentang ramalan kiamat,karena jangankan manusia para malaikat saja tidak tahu kapan kiamat terjadi," kata H. Teguh Santoso, S.Pdi.


Dalam rangka memperingati tahun baru Islam Muharram 1441 H membahas tentang Hijrah merupakan peristiwa penting dalam ajaran Islam.  Orang-orang yang berhirah dan berjihad, mereka menahan perihnya perjuangan dalam prosesnya tersebut sehingga pantas derajatnya ditinggikan oleh Allah SWT. Seseorang akan mendapatkan pahala berdasarkan ujian keimanan yang didapatkannya.


Itulah mereka yang mendapatkan kebaikan di dunia (setelah berhijrah contoh dari dunia artis yang sering terbuka aurat), justru job atau pekerjaannya lebih banyak mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Juga tentunya pula mendapatkan pahala di akhirat. Inilah contoh jihad yang sukses. Mudah-mudahan kita mendapatkan kesuksesan yang nyata pula.


Salah satu amalan yang paling afdol di bulan Muharram adalah menjalankan ibadah puasa Muharram, seperti yang dicontohkan nabi-nabi dan rasul terdahulu. Puasa Muharram ini ada dua yang paling utama, yaitu puasa Tasu'a dan Puasa Asyura. (zeey)