Iklan

Friday, August 30, 2019, August 30, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-30T09:44:20Z

TNI BERHARAP TAMU AMBALAN HARUS SIAP DENGAN SRGALA KONDISI DILAPANGAN



Kabaruan, Nuswantoro Pos - Anggota Koramil 1312-01/Kabaruan bersama Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter), yang saat ini bertugas di wilayah pulau terluar Indonesia, tepatnya di Pulau Kabaruan.

Jumat (30/8/2019) pagi tadi, diundang untuk menghadiri Upacara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gerakan Pramuka yang berlangsung di SMAN 1 Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud.


Kehadiran para anggota TNI AD ini, sekaligus memberikan materi mengenai Kesehatan Lapangan (Keslap) kepada puluhan anggota pramuka yang sedang mengikuti kegiatan tersebut.



Menurut Kepala SMA Negeri 1 Kabaruan, Mariane F. Pangendaheng, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, bertujuan untuk membentuk karakter siswa - siswi baru, dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut, khususnya kegiatan Kepramukaan.


Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun untuk anggota pramuka yang baru masuk, tujuannya untuk membentuk karakter. Mereka akan ditempa dan diberikan pembinaan oleh kakak-kakak pembina selama mengikuti kegiatan ini," ucap Pangendaheng.


Oleh karena itu, pihak sekolah juga melibatkan TNI dalam hal ini Koramil 1312-01/Kabaruan dan anggota Satgas Pamputer untuk memberikan pembinaan atau pelatihan dasar, yang berkaitan dengan ilmu - ilmu Kepramukaan.



Kami juga memberikan kesempatan kepada TNI untuk memberikan materi kepada tamu ambalan yang berjumlah kurang lebih 93 orang tersebut," tambah Kepala Sekolah.


Sementara itu, Camat Kabaruan, Jemmy Laluraa, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut berpesan, momentum ini harus diimplementasikan oleh generasi muda dalam kehidupan sehari - hari.


Pembinaan karakter ini, harus benar - benar diterima dengan baik, terlebih dapat diimplementasikan oleh seluruh Insan Pramuka," kata Laluraa dalam sambutannya.



Mewakili Dandim 1312/Talaud, Danramil 1312-01/Kabaruan, Serka Melki Tatundu, mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada anggota TNI dalam membimbing anggota pramuka di SMAN 1 Kabaruan.


Pramuka mempunyai peran penting dalam berbagai kegiatan. Baik kegiatan sosial, kemanusiaan dan kegiatan yang lain. Kiranya kegiatan ini tidak menjadi rutinitas, tetapi benar-benar memberikan pembekalan ilmu kepada pramuka agar siap diperhadapkan dengan kondisi yang ada dilapangan, serta mampu dilakukan secara profesional," harap Danramil


Tak hanya itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota TNI yang telah mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.



Tujuan materi yang kita berikan hari ini, untuk memberikan pemahaman kepada adik-adik Pramuka, bahwa kesehatan itu harus dimulai dari diri sendiri," kuncinya. (heri)