Iklan

Tuesday, August 13, 2019, August 13, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-13T10:46:55Z

PERAN BABINSA SEBAGAI MEDIATOR PERMADALAHAN DI WILAYAH BINAANNYA



SIDOARJO, Nuswantoro Pos - Bintara Pembina Desa atau disebut dengan (Babinsa) sangatlah penting, mengingat mereka berada di ujung terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu para pimpinan TNI-AD meminta agar para Babinsa bisa memahami masalah yang ada di desa binaanya sehingga bisa bertindak sigap dan cepat jika ada suatu permasalahan yang terjadi di desa. Seperti halnya yang dialami oleh Serda Sarjono Babinsa Koramil 0816/03 Buduran yang telah berhasil menyelesaikan suatu permasalahan di desa binaannya.


Adapun langkah langkah yang diambil oleh Babinsa desa Entalsewu Serda Sarjono yaitu dengan cara memanggil kedua belah pihak, babinsa desa Entalsewu selaku mediator mendengarkan keterangan dari kedua belah pihak singkat,padat dan jelas,agar dalam mengambil suatu keputusan bisa seadil adilnya dan tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.


Danramil 0816/03 Buduran memberikan apresiasi kepada Babinsa Entalsewu Serda Sarjono yang mampu untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada si desa binaannya, dan beliau (Danramil,red )pada saat jam Komandan koramil mengatakan.


Kemanapun Babinsa yang ada di desa sangatlah penting sekali tentang temu cepat dan lapor cepat dalam Setiap hal permasalahan.
Jangan sampai ada hal permasalahan yang terjadi di sebuah desa kita tidak mengerti, 
Saya minta jarum jatuh di desa itu pun sudah harus di mengerti, sudah harus tahu di mana jarum itu jatuh, apakah di sungai di jerami atau di sawah kata komandan koramil Buduran.


Danramil menuturkan jangan sampai masalah kecil dibiarkan hingga menjadi besar dan tidak terkendali, terutama yang berkaitan dengan permasalahan. Demikian juga jika ada orang asing yang masuk ke desa, Danramil meminta agar para Babinsa mengetahui hal tersebut.


Jangan sampai ada orang luar  yang masuk sama sekali tidak diketahui, tahu-tahu buat kegiatan yang tidak kita inginkan, inilah tugas para babinsa semua agar hal yang terkecil seperti itu harus di ketahui, Temu cepat dan lapor cepat yang sesuai prosedur akan cepat terselesaikan. Terutama yang berkiatan dengan semua permasalahan. Jangan sampai kalau sudah membesar menyelesaikannya sangat sulit "tutur Danramil"


Jangan sampai hal permasalahan seperti itu terjadi di desa binaan kita dan kita yakin semua itu tidak terjadi kalau kita kerja seusai dengan tupoksinya masing masing yang sudah diberikan. 
Dan saya yakin dengan para babinsa dengan tugas dan tanggung jawabnya semua permasalahan akan segera terselesaikan.


Dalam kesempatan ini komandan koramil 0816/03 Buduran kapten Arh Puji Wihardi menyampaikan apresiasinya atas kinerja Babinsanya yang menurutnya bisa menjaga stabilitas keamanan dan permasalahan terutama ketika permasalahan itu muncul dengan cepat. 
Stabilitas keamanan itu bisa cepat selesai terjadi, apabila babinsa dan masyarakatnya tetap solid dan kompak.


Sehingga selain kemampuan manajemen teritorial dan penguasaan wilayah harus dimengerti betul secara detail, Kemampuan komunikasi sosial, berinteraksi dengan masyarakat, dengan bahasa yang dimengerti, maka pendekatan dengan masyarakat akan semakin erat dan kuat sehingga rakyat jadi sebuah kekuatan dalam menghadapi ancaman baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar ,” tuturnya. (zeey)