Iklan

Sunday, August 11, 2019, August 11, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-11T07:38:50Z

LOMBA TAKBIR KELILING MERIAHKAN ADHAR 1440 H



BIMA, Nuswantoro Pos - Pemerintah Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima, mengadakan lomba takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Malam Minggu, (10/08/2019). Takbir keliling dimulai pukul 19.00 WIB- selesai akan diberangkatkan oleh Penasehat Ayahanda H. Fatahurrahman, M. Pd selaku Penasehat Komppas selaku tamu kehormatan, titik Star dari Masjid Raya Parangina Sape dan finis pun di Masjid Raya Parangina, Jalan Lintas Rona Masa Sape.


Sahbuddin, M. Pd. mengatakan, pelaksanaan takbir keliling tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Kali ini peserta 4 Sekolah SDN lomba sekitar 200 peserta, yang terdiri dari tingkatan yaitu SDN Inpres Boke, SDN Inpres Due, SDN 09 Sape, dan SDN 08 Sape, lomba takbir keliling gang se dan Umum saja. Ujar Sahbuddin.



Sahbuddin berharap, melalui lomba takbir keliling, masyarakat dapat memaknai peristiwa Hari Raya kurban yakni penyembelihan Nabi Ismail oleh ayahnya (Nabi Ibrahim), yang kemudian oleh Allah diganti dengan seekor kambing. Disamping itu, dengan mengumandangkan gema takbir juga dimaknai sebagai momentum mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengarahkan masyarakat agar tidak takbir keliling menyimpang dan tidak mengganggu kelancaran berlalulintas. Ujarnya.


Ketua Komppas Risman, S.Pd, juga menjelaskan Rute yang harus dilewati peserta lomba takbir keliling + 3 KM dengan Start mulai depan Masjid Raya Parangina Sape dan finispun di Masjid Raya Parangina juga.



Lomba Takbir Keliling ditingkat SDN se-Parangina yang diadakannya Komunitas Parapi Parangina Sape (Komppas) dan Sahbudin, M. Pd Kabid Kerohanian. Dan kegiatan atas donatur Penasehat Komppas H. Fatahurrahman, M. Pd dan Kades Parangina Ashar, Kegiatan ini diakawal langsung oleh Brimob Kompi 3 Bima.


(Usman).