Iklan

Wednesday, August 28, 2019, August 28, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-28T08:30:44Z

KORAMIL NANUSA LAKUKAN HAL INI DIWILAYAHNYA



TALAUD, Nuswantoro Pos - Berbagai kegiatan teritorial dilakukan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) disetiap wilayah Koramil jajaran Kodim 1312/Talaud.


Salah satu upaya yang dilakukan para Babinsa ini, tidak hanya fokus kepada sasaran fisik atau menyumbangkan tenaga mereka untuk membantu para warga dalam melakukan aktifitas dan pekerjaannya sehari - hari.


Mereka juga lebih menekankan kepada sasaran - sasaran non fisik khususnya dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang produktif dan bisa menjadi contoh yang baik kepada warga yang lain.



Hal tersebut dicontohkan langsung oleh Babinsa dari Koramil 1312-06/Nanusa, Kopda Reinaldy R. Ruus, saat dirinya memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Wanita Lestari di desa Marampit (Pulau Marampit), Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.


Kegiatan pendampingan terhadap Poktan ini dilakukan Kopda Ruus mulai dari pembentukan kelompok, pemberian bantuan bibit tanaman dan pupuk, mendampingi Tim Sosialisasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Talaud, melalui Bidang Konsumsi dan Keamanan.


Kemudian, penelitian dan pengujian alat 'Rapiteskit Pestisida' untuk menguji kelayakan konsumsi pangan hingga bagaimana cara untuk memberikan pupuk pada tanaman dalam dalam wadah polibek.


Semua hal tersebut, menjadi perhatian dari Babinsa Marampit terhadap Poktan khususnya dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah tinggal dari masing - masing warga masyarakat desa Marampit.



Menurut Danramil 1312-06/Nanusa, Lettu (Inf) Alvian Taengetan, kegiatan seperti ini perlu untuk dilakukan agar TNI dalam tugas-tugasnya, dapat membantu kesejahteraan warga melalui kegiatan teritorial, seperti pendampingan kepada kelompok - kelompok Tani diwilayahnya.


Dengan harapan, apa yang menjadi perhatian dari Pemerintah dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dapat terlaksana dalam rangka mewujudkan impian untuk dapat membantu mengurangi kesulitan warga, khususnya bagi kaum perempuan," kata Taengetan, belum lama ini.


Tambah Danramil, agar kedepannya kegiatan - kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain, lebih khususnya bagi para kelompok tani.



Melalui pemanfaatan tanaman pekarangan seperti ini, setidaknya kegiatan kelompok tani wanita lestari, bisa menjadi contoh yang baik terhadap warga masyarakat yang lain," pungkasnya. (eko)