Friday, August 2, 2019, August 02, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-03T05:23:33Z

BUPATI BIMA BUKA MTQ ANTAR ASN SE - KECAMATAN WOHA



BIMA, Nuswantoro Pos - MTQ Ke – 1 Antar Aparatur Sipil Negara Se – Kecamatan Woha pada hari Rabu malam (31/7) dibuka langsung oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE . kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Para Kabag Lingkup Setda Bima, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, para Kepala UPT. Kecamatan, Camat Woha beserta unsure muspika Kecamatan, Para Kepala Desa serta seluruh undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Menurut Laporan Ketua Panitia Pelaksana dalam hal ini UPT. Kecamatan Woha Syahruddin Latif, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bima Ke – 379 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke – 74 tingkat Kecamatan Woha tahun 2019 sekaligus mendukung program / Visi Misi  Bupati dan Wakil Bupati Bima dari sisi RAMAH.  
Peserta lomba ini diikuti sebanyak 110 orang peserta yang terdiri dari UPT Kecamatan, Camat beserta unsure Muspika Kecamatan,  Kepala Sekolah SMP/ SMA dan SMK serta seluruh Kepala Desa yang berada di wilayah Kecamatan Woha dengan waktu Pelaksanaan dari kegiatan ini dilangsungkan selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 31 Juli S/d 5 Agustus 2019 di arena MTQ .


Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Woha Irfan, DJ SH bahwa pertama – tama atas nama pemerintah Kecamatan Woha selaku camat menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima dalam rangka mendukung pelaksanaan MTQ ini, sehingga dari dukungan yang diberikan kedepannya kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan, mengingat MTQ ini merupakan salah satu program yang sangat fenomenal yaitu Jum’at khusyu dan Membumikan Al – Qur’an.


Tujuan dari kegiatan ini agar ASN dapat memaknai isi yang terkandung dalam Al – Qur’an tersebut dimana Al quran harus menjadi nafas serta sebagai pegangan hidup yang hakiki dan menjadi kepribadian masyarakat dan ASN. Karenanya, hakekat, makna, dan tujuan MTQ dipegang teguh, sehingga al qur’an diresapi, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus benteng tegaknya nilai-nilai Islam yang berkeseimbangan, dan Islam yang toleran sekaligus sebagai upaya kita dalam rangka menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran maupun tuntunan dari kitap suci Al – Qur’an.



Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam penyampaian mengatakan bahwa Kegiatan MTQ yang kita selenggarakan pada malam hari ini telah mentradisi dan melekat dalam kultur dan masyarakat daerah kita ini.  Kehadiran MTQ ini memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat terlebih lagi kepada ASN, mengingat kegiatan keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan daerah.  Disadari bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan mengairahkan masyarakat terutama para Aparatur Sipil Negara untuk senantiasa mempelajari dan memahami  Al – Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia.


Al – Qur’an sebagai sumber inspirasi dan Ilmu Pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai ajaran Al – Qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat dan seluruh Aparatur Sipil Negara  perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan yang baik, diantaranya melalui momentum MTQ yang kita selenggarakan pada malam hari ini, Sehingga melalui MTQ ini tidak hanya disikapi sebagai kegiatan seremonial belaka akan tetapi mampu menjadikan strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan prilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari dengan nilai – nilai Qurani, 
 

Pelaksanaan MTQ Aparatur Sipil Negara tingkat Kecamatan Woha ini, diharapkan dapat memberikan nuansa yang islami sehingga kita selaku Aparatur Sipil Negara dapat memperdalam dan memaknai isi kandungan Al – Qur’an tersebut sebagai pedoman dalam tuntunan kehidupan kita sehari – hari. Oleh karena itu pada kesempatan ini atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada camat woha dan seluruh panitia pelaksana yang telah menggagas kegiatan ini dalam rangka mendukung 2 (dua) program pokok pemerintah daerah yaitu Jum’at khusyu dan membumikan Al – Qur’an. sekaligus dapat mengantarkan darah kita ini menjadi lebih maju dalam segalam aspek pembangunan termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni bacaan Al – Qur’an.


Selain itu pada tahun 2019 ini, pemerintah daerah akan melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala Desa, Oleh karena itu bagi desa yang ada di Kecamatan Woha dapat melaksanakan pemilihan kepala desa secara demokratis sehinga pada akhirnya nanti dapat menentukan kepala desa terpilih. Untuk itu dengan Pilkades ini nantinya dapat mensukseskan kegiatan ini dengan sebaik – baiknya dan tidak menimbulkan kekacauan selama berlangsungnya Pilkades.



Diharapkan, melalui kegiatan MTQ Aparatur Sipil Negara Tingkat Kecamatan Woha ini, akan melahirkan para aparatur yang hafal dan memperdalam isi kandungan Al – Qur’an sehingga dari sini kita bisa menciptakan dan sekaligus mendukung visi misi Kami bersama Bupati Bima yaitu terwujudnya para aparatur Sipil Negara yang RAMAH.


Sebagai bentuk wujud dukungan dari kegiatan ini maka Bupati dan Wakil Bupati Bima menyerahkan bantuan uang secara pribadi sebesar   5 juta rupiah dan diterima secara simbolis oleh camat Woha Irfan, Dj, SH. (wenny)