Iklan

Wednesday, August 7, 2019, August 07, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-07T23:55:19Z

BAMINTER KODIM 0816 LAKSANAKAN LATIHAN DASAR KEPIMPINAN SISWA (LDKS) MA ISLAMIYAH



Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Pada Hari Rabu 7 Agustus 2019 Baminter Kodim 0816 Sidoarjo  Serma Sutrisno Laksanakan LDKS KE MA islamiyah Sumorane sebanyak 350 Siswa Siswi Candi  Didampingi Kepala Sekolah H Achmad Zaed Syakur dan juga dari Siswa siswi Mts Islamiyah Tanggulanginya  sebanyak 200 dan didampingi oleh kepada sekolah H M Hakim Dan LKDS Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa MA lslamiyah Tanggulangin.yan di laksanakan oleh Baminterdim 0816
Sidoarjo Serma Sutrisno menyampaikan Materi pembekalan Cinta Tanah Air serta Cinta indonesia  wawasan kebangsaan dan bela negara bagi para generasi muda harapan bangsa ,kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan terhadap siswa-siswi.



TNI AD melalui kegiatan wawasan kebangsaan tahun 2019 siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke Bhineka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” bertempat di Aula Makodim 0816 Sidoarjo 


Materi yang disampaikan meliputi pilar kebangsaan, di antaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” kata Serma Sutrisno


Dan juga Dijelaskan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” ujarnya.



Baminterdim 0816 Sidoarjo lambskin menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama,dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.sebagai pemberi materi menekankan kepada para siswa dan siswi, untuk lebih mengerti dan memahami serta menanamkan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan (Wasbang), sehingga didalam diri para siswa dan siswi sekalian tumbuh jiwa patriotisme yang kuat.


Mari kita tanam dalam diri masing-masing tentang nilai Wasbang, agar terciptanya rasa cinta tanah air dan generasi penerus bangsa yang kuat, sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini jadi lebih kokoh.


Perhatian yang lainnya di sampaikan untuk anak didik lebih cinta tanah air, saling hormat menghormati antar umat beragama, belajar dengan baik dan diharapkan anak didik kedepan lebih profesional dan dapat sejajar dengan anak bangsa dinegara lainnya," Pungkasnya. (zeey)