Iklan

Tuesday, August 27, 2019, August 27, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-28T05:31:33Z

BABINSA KORAMIL 0816/13 WONOAYU HADIRI VERIFIKASI DESA ODF (OPEN DEFECATION FREE)



Sidoarjo, Nuswantoro Pos – Untuk mewujudkan kelurahan Kauman menjadi desa/kelurahan yang ODF, Babinsa desa Mulyodadi Koramil 0816/13 Wonoayu Serka Wonoayu menghadiri acara Verifikasi desa ODF (Open Defecation Free) dari Dinas Kesehatan Sidoarjo yang bertempat di Balai desa Mulyodadi  kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo, Selasa (27/08/2019).


Open Defecation Free (ODF) itu sendiri adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas.


Nampak hadir dalam acara tersebut Kasi Kesling Kab. Sidoarjo (bpk. Supaat), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kab Sodoarjo (bpk. Saiful), Kesos  Kec. Wonoayu (bpk. Yusuf),Puskemas Kec. Wonoayu(bpk. Pujianto beserta Bidan desa Mulyodadi), Kades Mulyodadi (Slamet SH) Babinsa Mulyodadi Serka M. Arifin, Babinkantibmas Aiptu Hartono, Kader Lingkungan, Rt, Rw undangan.


Sebelum adanya Deklarasi ODF, di laksanakan verifikasi ODF oleh tim verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ODF merupakan proses untuk memastikan status ODF dalam suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Untuk desa Mulyodadi di yatakan ODF oleh tim verifikasi ODF dari Kab Sidoarjo dan nantinya akan di perlombakan antar kabupaten.( Arfn)