Saturday, August 3, 2019, August 03, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-03T08:47:43Z

BABINSA KORAMIL 0816/08 JABON SERKA WALUYO HADIRI MUSRENBANG DESA KEDUNG



Sidoarjo, Nuswantoro Pos – Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa. RPJM Desa itu sendiri adalah Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. Dan pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel.


Bertempat di Balai Desa Kedung Cangkring kecamatan Jabon kabupaten Sidoarjo, Babinsa Kedung Cangkring Koramil 0816/08 Jabon Serka Waluyo menghadiri Musrenbang Desa Tahun 2020, yang di hadiri sekitar 78 orang, Jumat malam pukul 19.30 wib (02/08/2019).


Hadir dalam acara tersebut Camat Jabon yang diwakili Sekcam Sdri Hj Dra Lenny Nurmala Sari berserta stap, Danramil 0816/08 Jabon Yang diwakili Serka Waluyo, Kepala Desa Kedung Cangkring sdr H Zainudin Fanani beserta perangkatnya, Babinkamtibmas Jabon Brigka Harno, BPD Desa Kedung Cangring, Ibu-ibu PKK desa Kedung Cangkring, Ketua RT/RW, Karang taruna, Kader Posyandu, Pengurus BUMDes, Linmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda desa Kedung Cangkring.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala desa Kedung Cangkring sdr H Zainudin Fanani menyampaikan bahwa dalam menentukan progam yang akan di rumuskan dalam Musrenbang ini di harapkan mencakup kebutuhan warga desa. Utamakan kepentingan warga umum. Jangan sampai salah postur anggaran atau bertentangan dengan norma hukum.


Sementara itu Sekcam kecamatan Jabon Sdri Hj Dra Lenny Nurmala Sari menyatakan bahwa proses pelaksanaan Musrenbang merupakan proses partisipatif dimana berbagai keputusan diambil dalam suasana dialogis, akan tetapi  Musrenbang seringkali tidak menghasilkan keputusan apa-apa sehingga masyarakat kecewa dan enggan mengikuti proses Musrenbang lagi. “Pelaksanaan musrenbang dusun menjadi kunci dari seluruh pelaksanaan kegiatan musrenbang yang kita harapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk menyampaikan aspirasi nya dan mengusulkan kegiatan pembangunan berdasarkan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan”, jelasnya.


Kepala Desa Kedung Cangkring sdr H Zainudin Fanani mengucapkan banyak-banyak trimakasih atas kehadiran semua tamu undangan yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Desa Kedung Cangkring malam itu, dan kegitan tersebut berakir pukul 21.30 wib dengan lancar dan aman, ucap pak Kades. (zeey)