Iklan

Wednesday, July 10, 2019, July 10, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-10T11:28:41Z

UPACARA DALAM RANGKA HUT BHAYANGKARA KE - 73 TA. 2019 DI POLRES SURAKARTA




Surakarta, Nuswantoro Pos - Pada Rabu tanggal 10 Juli 2019 pukul 08.00 s.d 08.45 Wib di Halaman Mapolresta Surakarta Jl. Adi sucipto No. 2 Kel. Manahan Kec.  Banjarsari Kota Surakarta telah dilaksanakan Upacara dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 Polresta Surakarta, selaku Inspektur Upacara FX Hadi Rudiatmo (Walikota Surakarta) dan Danup AKP Muh Rikha Zulkarnain, SIK (Kanit Regident Sat Lantas Polresta Surakarta) yang diikuti sekitar 1000 orang.



1. Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :
a. Kolonel Inf. Rafael Granada Bay (Danrem 074/Wrt)
b. Drs Teguh Prakosa (Ketua DPRD Kota Surakarta)
b. Kombes Pol Ribut Hari Wibowo (Kapolresta Surakarta)
c. FX Hadi Rudiatmo (Walikota Surakarta)
d. Letkol Inf Ali Akhwan,S.E (Dandim 0735/Surakarta)
e. Letkol Cpn Gatot Nugroho (Dan Skadron 11 Lanud Adi Soemarmo)
f. AKBP Saiful Anwar (Kaden C Brimob Surakarta)
g. Letkol Cpm Gunawan Setiadi,SH ( Dan Denpom IV/Surakarta)
h. Letkol Pom Teguh Amdhi Nugroho (Danskadik 405)
i. Mayor Lek M. Sarwo Edi (Dansathar 53 Depohar 50)
j. Para Kasat, Kabag dan Perwira Polresta Surakarta.
k. Para Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat Kota Surakarta.
l. Para Purnawirawan Polri dan Bhayangkari Polresta Surakarta.



2. Adapun susunan Pasukan sebagai berikut :
a. 1 SST Korsik Polresta Surakarta
b. 1 SST Perwira Polresta Surakarta
c. 1 SST Gabungan Polwan Polresta Surakarta.
d. 1 SST Denpom IV/4 Surakarta
e. 1 SST Group 2 Kopassus
f. 1 SST Brigif 6/2 Kostrad
g. 1 SST Korem 074/Wrt
h. 1 SST Kodim 0735/Surakarta.
i. 1 SST Sat Brimob Den C Surakarta
j. 1 SST Sat Sabhara Raimas Polresta Surakarta
k. 1 SST Sat Lantas Polresta Surakarta
l. 1 SST Babinkamtibmas Polresta Surakarta
m. 1 SST Gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Res Narkoba Polresta Surakarta
n. 1 SST PNS Polresta Surakarta
o. 1 SST Dishub Surakarta
p. 1 SST Satpol PP Surakarta
q. 1 SST Satpam Surakarta




3. Inti amanat Presiden RI (Ir H Joko Widodo) dalam upacara HUT Bhayangkara ke 73 tahun 2019 yang di bacakan FX. Hadi Rudiyatmo (Walikota Surakarta) sebagai berikut :
a.Saya hormati wakil presiden Republik Indonesia ketua dan wakil ketua lembaga-lembaga tinggi negara ketua Wakil Ketua dan anggota DPR RI Panglima TNI beserta jajaran Polri senior dan para purnawirawan Polri segenap anggota Polri dan hadirin sekalian yang saya muliakan.
b. Mengawali amanat ini Atas Nama Rakyat bangsa dan negara Indonesia Saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke 73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun saudara bertugas saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras pengertian pengorbanan dan Perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang ditunjukkan personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat menegakkan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam memainkan yang baik ini marilah kita mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara kita Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang maha kuasa memberikan balasan atas seluruh pengorbanan perjuangan dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan hadirin yang saya muliakan segenap anggota Polri yang saya cintai kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan tahun 2019 terpelihara dengan baik Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah yaitu Asian Game serta IMF 2018 Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu tahun 2019 sehingga terselenggara dengan Aman damai dan demokratis.
c. Seluruh masyarakat juga telah dapat terselenggara dengan aman mulai dari perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019 sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019 kita juga merasakan situasi Kamtibmas yang kondusif arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia selain itu bersama dengan seluruh pemangku kepentingan turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air amanat presiden republik indonesia pada upacara peringatan ke 73 hari bhayangkara tahun 2019.
d. Kementerian lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan tersebut kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga survei yang kredibel menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik setelah KPK dan TNI merupakan hasil kerja keras seluruh personil Polri dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat.
e. Oleh karena itu dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personil Polri di manapun saudara mengabdi kepada mitra kerja Polri serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif hadirin yang saya muliakan segenap anggota Polri yang saya cintai berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri namun sebaliknya menjadikan motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat apalagi ke depan tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban dalam negeri akan semakin Kompleks terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri Selain itu pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang server demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi Ancaman bagi kerukunan persatuan dan kesatuan bangsa kita berbagai kejahatan lintas negara dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional kejahatan terhadap kekayaan negara seperti tindak pidana korupsi harus diberantas demi melindungi kepentingan masyarakat bangsa dan negara demikian pula kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat.
f. Harus ditindak secara tegas dan berkeadilan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat oleh karena itu sebelum mengakhiri amanat ini saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas pertama kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin Kompleks serta mendukung terwujudnya Indonesia emas  kedepankan strategi pemosisian proaktif dan tindakan Humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat ketika terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern mudah murah cepat secara konsisten dan berkelanjutan dan tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum penegakan hukum yang profesional transparan dan berkeadilan nasi dan kerjasama dengan PNI Kementerian lembaga pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri
g. Demikian amanat saya semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan hidayahnya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada rakyat bangsa dan negara dalam bingkai persatuan dan kedamaian Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi Rastra Sewakotama hati utama nusa dan bangsa Terima kasih selamat bertugas.



1. Setelah dilaksanakan Upacara Hut Bhayangkara ke- 73 dilanjutkan Tasyakuran Hut Bhayangkara ke-73 di depan Ruang Sat Reskrim Polresta Surakarta.

2. Selama kegiatan  berlangsung dalam keadaan aman.
(mbah memed)