Nuswantoro Pos: SENYUM TERITORIAL KORAMIL 0816/15 SUKODONO DALAM MEMBINA PESERTA DIDIK PKL SISWA - SISWI YPM 8

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SENYUM TERITORIAL KORAMIL 0816/15 SUKODONO DALAM MEMBINA PESERTA DIDIK PKL SISWA - SISWI YPM 8

Friday, July 19, 2019



Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Sejak beberapa tahun belakangan ini, Danramil 0816/15 Sukodono memberi kesempatan kepada siswi dari SMK YPM 8 Sarirogo untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau lebih sering disebut dengan program magang . Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan extra sekolah SMK YPM 8 dalam rangka memberi pelatihan manegement kepada siswa-siswi pada saat mereka terjun ke dunia kerja nanti sesuai dengan bidang kompetensi dan jurusan siswa-siswi tersebut.  Manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan dalam program PKL (praktek Kerja Lapangan) ini adalah :
Bagi siswa.


Siswa mendapatkan Keterampilan untuk melaksanakan progran kerja Pada perusahaan maupun Instansi pemerintahan yang digunakan sebagai tempat praktek. Melalui praktek inilah siswa mendapatkan pengalaman serta berbagai permasalahan di dunia kerja ungkap Fany yang merupakan salah satu peserta PKL dari SMK YPM 8 tersebut. pak Iwan selaku koordinator pembina PKL dari SMK YPM 8 mengungkapkan
bagi Sekolah mempunyai rekan kerja sama baru dan dapat mempromosikan keahlian para siswa sekolah dalam dunia usaha atau perusahaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis untuk membantu operasional perusahaan tersebut. Selain itu laporan Pkl dari siswa dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai situasi umum perusahaan tersebut.


Pada awal bulan Juli 2019 Koramil 0816/15 mendapat permohonan siswa PKL dari SMK YPM 8 Sarirogo sebanyak  3 orang. Periode PKL yang dilaksanakan oleh siswa-siswa SMK YPM 8 SIDOARJO adalah kurang lebih  selama 5 bulan. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan para siswa PKL dapat memperoleh banyak manfaat , antara lain :
Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada siswa serta mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga dapat bekerja dengan baik. Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dengan baik guna menambah kreatifitas siswa agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya. Memberikan motivasi sehingga siswa bersemangat dalam meraih cita-cita mereka sesuai bakat yang dimiliki.


Pada periode bulan Juli hingga November 2019 terdapat 3 siswa PKL dari SMK YPM 8 SIDOARJO jurusan Multimedia. Mereka dibimbing oleh Bati Tuud Koramil 0816/15 Pelda Achmad Rofik dan anggota Koramil Sukodono. Dalam pelaksanaan PKL ini diharapkan setiap siswa mampu mengikuti kegiatan yang ada di Koramil Sukodono serta memahami materi maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan Koramil Sukodono sehingga kedepannya siswa tersebut mampu menunjukan kinerja dan kerja sama timnya secara maksimal untuk kemajuan siswa tersebut


Para siswa PKL diperkenalkan berbagai jenis surat, input data, penggunaan komputer Peraturan Baris Berbaris, dan  bagaimana cara menulis lembar disposisi dll. Red by Opick. (cholis)
cetak agenda surabaya