Wednesday, July 24, 2019, July 24, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-24T18:26:11Z

PERKUAT WASBANG DAN NASIONALISME UNTUK HADAPI TANTANGAN GLOBALISASI




Kodim Klaten, Nuswantoro Pos – TMMD Reg 105 Kodim Klaten Perkuat Wawasan Kebangsaan Dan Nasionalisme Untuk Hadapi Tantangan Globalisasi


Dalam rangka merampungkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Kodim 0723 Klaten Tahun 2019 di Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes kabupaten Klaten yang memiliki sasaran fisik dan non fisik, Pasi Intel Kodim 0723/Klaten Kapten Arm Sahono berikan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, Selasa (23/07/19).


Kegiatan yang non fisik yang dilakukan pada TMMD ini adalah dengan memberikan pembinaan dan  pemantapan kesadaran bela negara di Dukuh Balak Balak Desa Jimbung kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Daerah dan PKK Desa Jimbung. 


Pada kesempatan itu Kapten Arm Sahono menyampaikan bahwa kita semua sadar bahwa saat ini kita hidup di era globalisasi yang seolah-olah negara tanpa batas (boardless) dengan segala bentuk dinamikanya. Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi



Lebih lanjut, untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara. Beberapa bentuk pendidikan Bela Negara di dalam kampus adalah melalui Resimen Mahasiswa, Pramuka, Pecinta Alam, dll untuk membiasakan diri belajar disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab, serta memahami wawasan kebangsaan.


Selain itu Pasi Intel juga menegaskan Nilai-nilai Dasar Wawasan Kebangsaan yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia, meliputi Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban Untuk Bangsa Dan Negara serta Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.


Setiap warga negara harus mempunyai kemampuan psikis berupa sikap dan perilaku disiplin, ulet, bekerja keras, taat aturan, percaya kemampuan sendiri, tahan uji dan pantang menyerah serta mempunyai kemampuan fisik yang prima, “ kata Pasi Intel Kodim 0723/Klaten.

 (Kodim Klaten IT)