Iklan

Wednesday, July 17, 2019, July 17, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-18T00:51:19Z

PENTINGNYA ILMU WAWASAN DAN BELA NEGARA KEPADA IBU - IBU PKK





Sidoarjo, Nuswantoro Pos - BatiTer Kodim 0816/Sidoarjo  Sersan Mayor Sutrisno memberikan penjelasan tentang pentingnya ilmu wawasan kebangsaan dan  Bela Negara kepada ibu-ibu PKK Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini bertempat di pendopo Kabupaten Sidoarjo yang diikuti oleh 185 orang. Pimpinan Ibu Ketua 1 PKK Kab. Sidoarjo  Ny.  Nur Ahmad Syaifudin. ( Ibu Wakil Bupati Sidoarjo). Rabu, (17 Juli 2019).
 

Dengan semangat kebangsaan dan bela negara dapat tercapai kalau kita semua mampu memahami kebangsaan itu sendiri mulai dari memiliki rasa kebangsaan, paham akan sejarah kebangsaan dan semangat dalam berjuang demi tetap tegaknya NKRI.


Sersan Sutrisno menjelaskan Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara. Beberapa bentuk pendidikan Bela Negara di dalam kampus adalah melalui Resimen Mahasiswa, Pramuka, Pecinta Alam, lingkungan masyarakat dll. untuk membiasakan diri belajar disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab, serta memahami wawasan kebangsaan.



Nilai-nilai Dasar Kesadaran Bela Negara yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia, meliputi : Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban Untuk Bangsa Dan Negara, Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.


Semua Warga Negara termasuk masyarakat sipil mempunyai hak dan kewajiban melaksanakan Bela Negara dalam semua aspek kehidupan. Pendidikan Bela Negara harus berupaya membuat peserta/ibu-ibu PKK KAb. Sidoarjo  menjadi senang dan riang gembira, tanpa melupakan disiplin dan tanggung jawab. Disni diharapkan kepada ibu-ibu PKK juga ikut andil  atas penerapan bela Negara. Terutama kepada lingkungan keluarganya. Mulai dari menerapkan disiplin kepada anak-anak hingga kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Karena Kita yakin peran seorang ibu sangat penting dalam hal ini. 


Selain tentang Wawasan Kebangsaan dan bela Negara, Sersan Sutrisno juga memberikan atau membekali ilmu tentang mitigasi bencana. Banyak sekali yang dikupas dalam pemberian materi ini. Semua peserta sanngat antusias mengikuti kegiatan ini karena banyak sekali ilmu dan manfaat yang diperoleh dari Kegiatan ini mulai dari wawasan kebangsaan, Bela Negara sampai dengan mitigasi Bencana.


Disini di jelaskan Kodim 0816/Sidoarjo  mengoptimalisasi keberadaan Kota Sidoarjo yang tangguh dengan bencana. Hal itu sebagai upaya meningkatkan mitigasi bencana melalui partisipasi masyarakat khususnya ibu-ibu PKK di wilayah Kab Sidoarjo.

 


Warga yang ikut serta dalam kegiatan ini nantinya harus menyebarluaskan informasi antisipasi kebencanaan kepada masyarakat. "Mereka harus informasikan ke masyarakat agar mengenali bencana dan mengurangi resiko bencana sesuai karakteristik daerah masing-masing. Penting bagi semua pihak terutama masyarakat, mengenali potensi bencana di wilayahnya sehingga kalau terjadi bisa segera menyelamatkan diri," tuturnya.


Lewat kegiatan ini kita ajak masyarakat bersama-sama peduli akan bencana. Secara geografis  Sidoarjo cukup diuntungkan karena wilayah kecil sehingga mudah mengontrol. Tapi, jangan lupa bencana bukan hanya terkait alam tapi bencana sosial harus dimonitor juga lewat kepedulian masyarakat untuk menekan kegiatan negatif di lingkungan," tuturnya. Bati Ter Kodim 0816 Sidoarjo Sersan Sutrisno.(Lyn/Zeey)