Iklan

Thursday, July 18, 2019, July 18, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-18T09:00:05Z

MERIAHKAN HUT KODAM VI/MLW YANG KE - 61 TAHUN, KODIM 0910/MALINAU GELAR LOMBA SUMPIT




MALINAU, Nuswantoro Pos - Menyumpit tidak semua orang bisa melakukan, jika dibiarkan lambat laun tradisi yang digunakan masyarakat Dayak untuk berburu ini bisa hilang. Terpanggil untuk menyemarakkan HUT KODAM/ MLW ke- 61 sekaligus untuk melestarikan tradisi warga Kalimantan khususnya Kab. Malinau ini, Kodim 0910/Malinau menggelar Lomba Sumpit. 


Acara tersebut berlangsung di Lapangan Makodim 0910/Malinau Jl. Pusat pemerintahan Desa Malinau Hulu Kec. Malinau Kota Kab. Malinau dan di ikuti oleh  masyarakat dari berbagai Desa yang ada di Kab. Malinau,
kamis  (18/07/2019).


KASDIM 0910 Malinau Mayor Kav Tutur Suwantoro S.Pd, menyebutkan lomba menyumpit diadakan untuk melestarikan budaya khas Kalimantan terutama Kab. Malinau  yang hampir punah. Mayor Tutur mengakui generasi muda saat ini sebagian besar tidak mengetahui apa dan bagaimana cara menyumpit. “Banyak generasi muda sekarang terpedaya dengan budaya asing, bahkan mereka bangga dengan budaya asing sementara budaya nenek moyangnya lebih bagus sehingga sejumlah ahli-ahli budaya internasional datang ke Indonesia mempelajari budaya Indonesia,” ujar Kasdim.


Dalam lomba tersebut terdapat 3 pemenang yaitu Juara 1 Bpk Silas dari Desa Kuala Lapang, Juara 2 Bpk Taping Awang dari Desa Lubak Manis dan Juara 3 di raih oleh Bpk Abiah Lukas dari Desa Lubak Manis. (wisnu)