Iklan

Saturday, July 6, 2019, July 06, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-07T05:13:47Z

MANTAN MILSUK 1 TNI - AL '83 LIPAT LAKSANAKAN REUNI AKBAR - II



Malang, Nuswantoro Pos - (7/7/2019) Sebanyak 300  purnawirawan TNI AL beserta keluarga yang tergabung dalam Paguyupan  LIPAT ( LETTING '54) dari seluruh Indonesia melaksanakan REUNI AKBAR LIPAT Ke-2  Th. 2019 di kota Batu Malang Jawa Timur berlangsung selama 2 hari (6-7) Juli.






Reuni mantan  Tentara  Militer Sukarela  I  TNI AL tahun 1982/1983 (  MILSUK PERTAMA )   tersebut bertempat di hotel Metropole Batu Malang dengan serangkaian kegiatan yang sudah tersusun mulai dari kegiatan pokok hingga hiburan  menjadikan seluruh peserta yang rata- rata sudah usia  lanjut ini  hanyut dalam kenangan serta dapat  tersenyum mengenang masa-masa  aktif dinas di TNI AL.








Selama  36 tahun sudah kami saling berpisah karena penempatan dinas dan  tugas yang berbeda, namun ada juga beberapa personil  yang tetap dalam satu kesatuan selama dinas. Di tempat Reuni inilah  kami bertemu kembali   untuk menjalin silaturahmi lebih dekat. 







Ketua Panitia Reuni Akbar  LIPAT ke-2  Letkol Laut (Pur) Sudrsono dalam kesempatan kali ini menuturkan bahwa “ Reuni Akbar  LIPAT telah berlangsung  dua kali, yang pertama di tahun 2017 berlangsung di kota Ambarawa Semarang. Yang kedua kalinya sengaja di pillih di kota Malang karena untuk mengenang langkah awal kita masuk TNI AL melalui Pantokhir ( panitia penentuan akhir) di kota ini, sekedar napak tilaslah” ungkapnya.






Peserta Reuni yang menyasar para purnawirawan  TNI AL Letting '54 di seluruh wilayah Nusantara  terdiri dari Kops Marinir dan Korps Pelaut terlihat masih sangat kompak, jati diri mereka  masih terlihat jelas , disiplin, gagah dan tegap tersirat dalam gerak dan langkah di setiap ivent. Meskipun sdh mau menginjak usia 60-an, karena pandai menjaga kesehatan, rata- rata mereka masih sehat dan segar bugar. Para purnawirawan TNI AL / Tamtama Milsuk Pertama rata-rata pangkat terakhir adalah  Bintara Tinggi (Peltu), ada juga sebagian yang menyandang pangkat Pama dan Pamen. 







Sementara itu Ketua Paguyupan   LIPAT  Letkol Laut (E) Isnamangun  yang masih dinas aktif di Komando Pembinaan Doktrin  , Pendidikan dan Latihan  TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai Komandan Sekolah Tamtama  Kejuruan Elektronika dalam sambutannya yang di bacakan oleh Peltu (Pur) Sudarto yang pernah dinas  29 tahun di Satuan Pasukan Katak (Satpaska) Koarmada-II menuturkan bahwa ”Paguyupan LIPAT yang tersebar di wilayah Nusantara  memiliki kegiatan sosial , antara lain melaksanakan pertemuan rutin tiap 2 bulan sekali ,  besuk/ berkunjung  ke anggota  yang sedang sakit, pemberian santunan bagi keluarga yang sedang terkena musibah / berduka serta kegiatan keagamaan. Kesemua prorgam tersebut sudah di kondisikan melalui rapat  yang selalu di laksanakn oleh para pengurusnya “ demikian akunya.




Serangkaian kegiatan dalam acara Reuni antara lain Resepsi Temu Kangen yang di laksanakan Sabtu,(6/7/2019) di hotel Metropole mengenakan  seragam bebas namun berbaret sesuai dengan korpsnya ( Marinir dan Pelaut) menambah keakrapan  para purnawirawan Militer Suka Rela   ( MILSUK) TNI AL Angkatan  I  tahun 1982/1983.  Keesokan harinya  Minggu,(7/7/2019) mereka melaksanakan olah raga pagi , jalan sehat dan senam bersama serta temu akrap saling curhat dari hati kehati mengenang masa-masa dinas dahulu serta saling tukar cindera mata antar peserta reuni (khususnya para istri)  yang setia mendampingi suaminya selama berlangsungnya reuni.





Dengan adanya Reuni Akbar LIPAT ke-2 ini seluruh peserta di harapkan semakin terjlin rasa kekeluargaan yang semakin kuat rasa persatuan meskipun tempat tinggal sangat berjauhan, namun dengan adanya kemajuan sistem informasi saat ini menjadikan kita terasa  lebih dekat dan mudah dalam berkoordinasi.




Kesan dan pesan dari salah satu peserta reuni,  Peltu Marinir (Pur) Khamim  mantan anggota Pakukan Intai Amphibi (Taifib) Batalyon Taifib Karang Pilang Surabaya, dia mengabdi di satuan Pasukan Khusus TNI AL  tersebut selama 32 tahun mulai dari pangkat Prada hingga  Peltu di Batalyon Taifib mengaharapkan  agar kegiatan reuni semacam ini dapat di agendakan dan akan terus berlanjut demi menjalin rasa persaudaran, kekeluargaan sesama mantan purnawirawan TNI AL yang tergabung dalam PAGUYUPAN LIPAT bahkan hingga anak cucu.





Turut hadir di Reuni Akbar Lipat ke -2 , Ketua Pembina Paguyupan Lipat Kolonel Laut ( E ) Yunus Anis  yang masih aktif dinas di Koarmada II Surabaya serta beberap pamen lainnya. (dar/Humas Lipat).