Nuswantoro Pos: DIKLAT PENGOLAHAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DAN KEWIRAUSAHAAN DI GELAR

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DIKLAT PENGOLAHAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DAN KEWIRAUSAHAAN DI GELAR

Tuesday, July 23, 2019



Bima, Nuswantoro Pos - Diklat Pengolahan Produk Unggulan Daerah dan Kewirausahaan, pada kegiatan pelatihan dan pengolahan Produk Unggulan Daerah dan Keirausahaan bagi UMKM  Di Gelar. Kegiatan ini dilaksanakan di aula hotel La – Ila Kota Bima pada hari Rabu (24/7) dan dibuka langsung oleh Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Ir. H. Nurdin. Turut hadiri dalam kegiatan ini kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima beserta jajaranya, para tenaga pendamping kegiatan, para narasumber dan peserta diklat yang berasal dari 30 UMKM Kecamatan Se – Kabupaten Bima.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Iwan Setiawan, SE dalam pengantar mengatakan bahwa kegiatan yang digelar ini dalam rangka memberikan pemahanan kepada para pelalku UKM terkait dengan peningkatan produk usaha yang dilakukanya sehingga dari peningkatan yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan pangsa jual, hal ini dikarenakan di beberapa wailyah kecamatan begitu banyak produk usaha yang dapat diproduk sehingga dari usaha yang dilaksanakan tersebut dapat diperjualbelikan demi peningkatan pendapatan usaha yang digelutinya.


Oleh karena itu diharapkan kepada para peserta yang mengikuti diklat ini agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga materi yang disampaikan oleh tutor dapat diterapkan setelah mengikuti diklat sehingga dari kegiatan diklat yang diikuti ini kedepanya para pengurus UMKM dapat meningkatkan usahananya demi peningkatan pendapatan dari hasil yang diproduksinya. 
Selain itu dengan kegiatan diklat yang diikuti ini juga dalam rangka mendukung visi misi Bupati dan Wakil BUpati Bima terutama di sisi Makmur, dimana akan terbangunya ekonomi yang tangguh, kreatif dan kompetitif dengan mengoptimalkan potensi lokal dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.  
 

Direncanakan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24 s/d 26  Juli 2019 diikuti oleh 30 orang peserta pelaku UMKM Kabupaten Bima.


Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Ir. H. Nurdin dalam sambutan mengatakan bahwa Diklat Yang dilaksanakan ini dinilai sangat strategis untuk mengoptimalkan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah guna menggerakan roda ekonomi masyarakat untuk menerobos pangsa pasar atas hasil-hasil produksi sendiri.


Sebagaimana   kita   ketahui   bersama, bahwa keberadaan Produk Unggulan Daerah ini sudah menjadi   prioritas   pengembangan   yang   dilakukan   oleh industri   kecil   dan   menengah.   Semangat   berkarya   dan berkreasi  perlu  mendapatkan  perhatian  dan  fasilitasi  untuk mempromosikan hasil karyanya. Dengan adanya diklat ini, Pemerintah Kabupaten Bima terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan Koperasi dan UMKM terutama di bidang Produk Unggulan Daerah dalam mengembangkan usahannya  sekaligus sebagai salah satu target dan sasaran untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang berdomisili di tiap-tiap desa dan  kecamatan, dalam rangka  mewujudkan kesejahteraan masyarakat utamanya di tiap desa atau kecamatan.


Selain  mengemas produk  usaha dengan lebih baik, juga dalam rangka memperkuat pengolahan produk bagi UMKM, sehingga kedepan para peserta UMKM dapat mengembangkan usaha melalui kegiatan kemitraan, pameran, bazar serta pasar rakyat bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) baik di dalam kota maupun di luar kota.
H. Nurdin  berharap Dengan adanya pelatihan  dalam rangka mendukung promosi produk unggulan UKM, disamping dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi para pelaku usaha, koperasi maupun UMKM di Daerah Kabupaten Bima. (gun)
cetak agenda surabaya