Nuswantoro Pos: DANDIM 0816/SIDOARJO SOSIALISASIKAN WASBANG DAN BELNEG PADA SISWA - SISWI SMPN 6 SIDOARJO

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DANDIM 0816/SIDOARJO SOSIALISASIKAN WASBANG DAN BELNEG PADA SISWA - SISWI SMPN 6 SIDOARJO

Monday, July 22, 2019


Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Kodim 0816/Sidoarjo tak henti-hentinya dan tak bosan-bosannya  untuk terus mensosialisasikan wawasan kebangsaaan dan bela negara.
Upaya itu, terlihat ketika Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letnan Kolonel Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P yang turun langsung memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Bela Negara kepada siswa-siswi SMPN 6 Sidoarjo pada kegiatan perkembahan Jumat dan Sabtu yang  laksnakan di Lapangan Makodim 0816/Sidoarjo beberapa hari lalu, Senin (19/7/2019).


Letnan Kolonel Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P menyampaikan, tujuan arti dan makna bela negara kepada para pelajar adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi siswa dan siswi yang merupakan generasi muda penerus bangsa. Dengan harapan, para generasi muda itu memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi.


Serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat," ujarnya. 


Beliau memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa-siswi SMPN 6 Sidoarjo. Dalam paparannya mengakui pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara untuk diketahui oleh para pemuda, terutama kepada siswa sekolah yang diharapkan bisa menjadi pemimpin dimasa depan.


Generasi muda kedepan yaitu generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, untuk itu harus memiliki sikap dan mental yang terlatih, teruji, dan dapat diandalkan dan menegaskan pentingnya memiliki rasa cinta tanah air, agar bangsa Indonesia tidak mudah dijajak oleh bangsa lain. Maka daripada itu seluruh warga negara Indonesia wajib membela negara, namun bela negara yang dilakukan berbeda dengan kami TNI, untuk anak muda bela negara bisa diisi dengan cara mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif," tambahnya.


Begitu antusias semua siswa dan siswi SMPN 6 Sidoarjo menerima materi wawasan kebangsaan dan bela negara  yang diberikan oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo. (Lyn)
cetak agenda surabaya