Iklan

Tuesday, July 16, 2019, July 16, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-16T09:58:42Z

BUPATI MAHULU DAN DANSATGAS PAMTAS RI - MALAYSIA YONIF RAIDER 303/SSM, HADIRI PERINGATAN HARI JADI LBU KE - 174





Mahulu, Nuswantoro Pos - 174 merupakan angka yang membawa berkah bagi masyarakat Kampung Long Bagun Ulu. Angka tersebut merupakan angka hari jadi Kampung Long Bagun Ulu, Mahakam Ulu yang bertepatan pada hari Selasa, 16 Juli 2018. Dalam acara peringatan HUT Kampung Long Bagun Ulu (LBU) tersebut di hadiri oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh,  S.H., dan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail,  S. Sos.,  M.I.Pol. 


Acara Peringatan Hari Jadi Kampung Long Bagun Ulu tersebut di hadiri juga oleh Bapak Camat Long Bagun  Yason liah S. Hut., M.P.,  Petinggi Adat Kampung Long Bagun Ulu Petrus higang lasah S.E., Ketua BPK Long Bagun Ulu, Kapolsek Long Bagun Ulu, Danramil Long Bagun dan para petinggi adat se-Mahakam Ulu.  


Acara yang dilaksanakan di Lamin Adat Long Bagun Ulu tersebut di awali dengan pertunjukan Tari sumpit dengan senjata sumpit yang didalamnya terdapat anak panah yang di tiupkan yang di gunakan untuk berburu maupun berperang. 


Dalam acara tersebut pula diceritaan sejarah Kampung  Long Bagun Ulu oleh Bapak Dalung, pengurus adat kampung Long Bagun Ulu,  yang menceritakan berdirinya kampung long bagun ulu sampai dengan sekarang,  yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Petinggi  Kampung Long Bagun Ulu.  Dalam sambutannya, Bapak Petrus Higang Lasah menjelaskan bahwa HUT ke 174 Long Bagun Ulu mengangkat tema Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Gotong Royong dan Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan Untuk Mewujudkan Kampung Long Bagun Ulu Aman,  Damai dan Sejahtera. 


Maksud tema tersebut mendorong masyarakat Long Bagun Ulu yang terdiri dari berbagai suku,  rasa dan agama, lebih cinta tanah air NKRI yang multi etnis. Dilihat dari sejarah sampai dengan sekarang kita sudah tidak tau lagi sejarah dan rimba silsilah kita,  maka dari itu selain sebagai peringatan HUT Kampung Long Bagun Ulu,  juga sebagai pengingat kita akan sejarah dan kuasa Tuhan yang sudah merancang Long Bagun Ulu sampai dengan perkembangan sekarang" Ujar Petinggi Kampung Long Bagun Ulu tersebut. 


Tak lupa pula,  Bupati Mahulu  memberikan sepatah kata, 
"HUT long bagun Ulu sebagai pengingat kita masyarakat long bagun Ulu maupun pendatang akan sejarah leluhur kita yang berjuang berpindah- pindah sehingga menciptakan Kampung long bagun ulu,  dan juga sebagai pemicu semangat gotong royong bagi masyarakat long bagun Ulu untuk bersama-sama guna membangun Kampung long bagun ulu.  Semangat gotong royong itulah yang kita pegang dalam masa pembangunan sekarang ini,  dan juga menjaga toleransi pluralitas masyarakat long bagun ulu serta persatuan dan kesatuan NKRI. Tetap jaga kesatuan,  pelihara gotong royong dan toleransi agar pembangunan dapat berjalan sehingga kedepan Kampung long bagun ulu lebih maju dari pada sekarang ini"


Acara tersebut di tutup dengan tari Mejug Umaa dan ramah tamah dengan warga Kampung Long Bagun Ulu. (cholis)