Nuswantoro Pos: BENTUK GENERASI MUDA YANG TANGGUH, KODIM 0816/SIDOARJO DAN SMPN 6 SIDOARJO GELAR PERJUSA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BENTUK GENERASI MUDA YANG TANGGUH, KODIM 0816/SIDOARJO DAN SMPN 6 SIDOARJO GELAR PERJUSA

Saturday, July 20, 2019




Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Dalam Rangka Pembentukan Karakter kepada para generasi Muda, SMPN 6 Sidoarjo bersama Kodim 0816/Sidoarjo menggelar perkemahan Jumat dan Sabtu yang biasa disebut dengan Perjusa. Kegiatan Perjusa ini diikuti oleh siswa dan siswi baru dari SMPN 6 Sidoarjo sejumlah 282 orang. Di damping oleh Guru Pembina dan Para kakak kelas dari Osis, Pramuka dan PMR yang siap membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan Perjusa ini. 


Bertempat di lapangan Makodim 0816/Sidoarjo, Para peserta Perjusa mendirikan tenda-tenda pramuka yang sudah disiapkan oleh kakak Pembina dari Kodim 0816/Sidoarjo. Kegiatan ini di laksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 20 Juli 2019 , yang dimulai pukul 10.00 (Jumat) sampai dengan pukul 11.30(Sabtu). 


Walaupun dengan beralasan tikar, para peserta Pejusa tetap semangat melaksnakan kegiatan ini, karena di dorong dengan tekat yang tinggi. Merek juga mudah sekali mengikuti aturan-aturan yang sudah di berikan kepada para peserta untuk kelancarannya. 


Pada Kesempatan tersebut, diadakan Upacara pembukaan terlebih dahulu oleh Kepala Sekolah SMPN 6 Sidoarjo, Dalam amanatnya pada saat menjadi Pembina Upacara, berpesan kepada anggota yang mengikuti Perjusa ini, agar benar-benar memahami makna pramuka dan bisa menjalankan tri satya dan dasa dharma pramuka dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi Pramuka yang lebih mandiri dan tidak manja.” Tuturnya. 


Pesertanya merupakan siswa baru yang menjadi anggota pramuka. Persami digelar sebagai ajang silaturrahmi dalam mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka. Sehingga, mental siswa terbina dan disiplin dalam menjalani kehidupan,” tambahnya. 


Berbagai kegiatan lain juga dilaksanakan dalam kegiatan persami ini, seperti Pemberian Materi dan Praktek PBB (Peraturan Baris Berbaris), Pemberian Materi Wawasan dan Kebangsaan serta Materi Bela Negara yang sangat penting sekali demi masa depan Bangsa Indonesia sserta bagi para generasi muda saat ini dan mendatang. Sholat Berjamaah, Sarapan dan Olahraga, Api Unggun. 




Salah Seorang Pembina, Ka Sutris, menyatakan “bahwa dengan diadakannya Kegiatan Perjusa ini, diharapkan agar anggota Pramuka yang baru dapat lebih mendalami makna Pramuka serta dapat meningkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian dalam kehidupan sehari-hari.” Tuturnya. 


Tujuan diselenggarakannya persami untuk mendidik kemandirian anak pada usia belasan tahun. Dengan harapan, siswa baru di kelas VII mampu menjadi pramuka sejati. Sehingga , bisa mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan agama. Landasilah kehidupan ini dengan Dasa Dharma dan Tri Satya. Seperti yang dicontohkan dalam kegiatan Perjusa. Juga tetap jaga kekompakan antar sesama anggota pramuka,” tambah Kak Sutrisno. 


Disela-sela Kesibukan Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P juga menyempatkan waktunya untuk memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan Bela Negara terhadap Negara Kesatuan  Republik Indonesia.  Beliau menyampaikan, “ Pramuka juga peserta didik untuk selalu tolong menolong dalam hidup.  Melakukan perbuatan positif yang membangkitkan semangat, Dengan berkembangnya pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman setiap anggota, maka diharapkan mampu membentuk karakter kemandirian bagi anggota pramuka. “ tutur Letkol Arief . 


Letkol Arief Cahyo Widodo juga menambahkan, “Selain menanamkan sikap nasionalisme, kegiatan itu juga dinilai ampuh dalam membentuk karakter para pelajar di tengah-tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini. Hindari pelanggaran atau pengaruh-pengaruhnegatife yang dapat merusak masa depan bangsa terutama pada generasi muda. Hal negatife antara lain Penyalahgunaan obat-obat terlarang, Kriminal, dll.. Saya berpesan agar ikuti hal-hal yang bersifat positif, tingkatkan prestasi kalian dan raihlah cita-cita kalian setinggi mungkin” tegasnya. 


Mengingat sangat pentingnya generasi muda yang juga generasi penerus bangsa, Pemerintah telah mengamanatkan kepada kita semua dalam undang-undang Gerakan Pramuka, yaitu nomor 12 Tahun 2010. 


Pelaksanaan Perkemahan Jumat Sabtu ini dinyatakan selesai setelah upacra penutupan Perjusa yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMPN 6 Sidoarjo dan pelepasan serta penyerahan kepada orang tua masing-masing.  (Lyn)
cetak agenda surabaya