Iklan

Wednesday, July 24, 2019, July 24, 2019 WIB
Last Updated 2019-07-25T04:36:32Z

BABINSA DESA SIDOMULYO MENGIKUTI POSYANDU DI WILAYAH BINAANYA






Sidoarjo, Nuswantoro Pos - Babinsa Koramil 0816/03  Sertu Wariyadi,mengikuti kegiatan Program Posbindu di Balai Desa, Sidomulyo, Kecamatan Buduran (25/7/19)

Kegiatan ini berintegrasi dengan Program Promkes, dan Gizi, Puskesmas yang menyelenggarakan sebuah kegiatan inovasi percepatan meningkatkan derajat kesehatan berbasis masyarakat yang hidup sehat dan mandiri.

Diawali dengan adanya data  manual yang telah selesai terekap yang hasilnya terdapat peningkatan kasus Penyakit Tidak Menular di wilayah kerja Puskesmas Buduran. 


Hasil ‘assesment’ berbasis pendekatan keluarga yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif didapatkan bahwa penderita, penyakit tidak menular masih banyak yang tidak mengenali gejala dan bahaya PTM.


Sehingga setelah melalui beberapa kali diskusi dengan pihak Perkesmas Buduran yang dihasilkan ide inovatif untuk membentuk tim percepatan Program PTM yang berbasis pemberdayaan masyarakat.



Tim percepatan memilih kader kesehatan (Posbindu PTM) dan tim penggerak PKK sebagai sasaran dalam meningkatkan aspek kognitif terkait PTM masyarakat di Desa Sidomulyo  melalui pengecekan kesehatan secara kemandirian.


Kegiatan pengecekan Hipertensi yang dilakukan kader Posbindu dan Tim Penggerak PKK dilakukan selama satu hari. Ibu Indar ketua Posbindu PTM beliau juga merupakan pemerhati dan penggiat kesehatan.


Beliau berpesan bahwa Penyakit Tidak Menular sangat berbahaya karena kadang tidak menimbulkan gejala, sehingga di harapkan dengan adanya kegiatan ini . PKK dan Kader Kesehatan, Desa Sidomulyo  dapat memahami dan menularkan pengetahuan terkait PTM dan Tatakelolanya kepada semua warga masyarakat nantinya. (zee)