Nuswantoro Pos: BABINSA 0816/13 WONOAYU DAMPINGI PETUGAS KESEHATAN PENYULUHAN HIPATITIS

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BABINSA 0816/13 WONOAYU DAMPINGI PETUGAS KESEHATAN PENYULUHAN HIPATITIS

Tuesday, July 23, 2019



 
Sidoarjo, Nuswantoro Pos – Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Pelda H M Sugiyo bersama Bhabinkamtibmas mendampingi petugas kesehatan membantu penyuluhan KONSELING KELAS BUMIL DAN PENYULUHAN HIPATITIS pada ibu hamil  di Balai Desa Pagerngumbuk,  (23/07/2019).


Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Pelda H M Sugiyo tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan.Pelda H M Sugiyo dalam hal ini mengatakan bahwa adanya penyuluhan KONSELING KELAS BUMIL DAN PENYULUHAN HIPATITIS pada ibu hamil   di setiap Kampung dan diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah.


Lebih lanjut Pelda H M Sugiyo menyampaikan, pentingnya penyuluhan KONSELING KELAS BUMIL DAN PENYULUHAN HIPATITIS pada ibu hamil   yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Dinas kesehatan Puskesmas Kecamatan Wonoayu, untuk itu diharapkan ibu-ibu Hamil dapat hadir sehingga kondisi kesehatanya dapat terkontrol dengan baik.


Menurut Petugas kesehatan dr puskesmas ibu Nuril Harianto amd Keb. Sebagei pendamping kelas bumil kegiatan yang dilakukan kali ini yaitu melaksanakan penyuluhan KONSELING KELAS BUMIL DAN PENYULUHAN HIPATITIS pada ibu hamil.Beliau Mengatakan Pada umumnya, hepatitis B dan C tidak menimbulkan gejala ketika awal infeksi virus mulai terjadi. Namun demikian, penyakit ini berjalan secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang panjang hingga kemudian gejala mulai muncul. Saat gejala sudah muncul, umumnya kondisi kesehatan sudah memburuk.



Selain disebabkan oleh virus, hepatitis juga dapat terjadi akibat kerusakan pada hati oleh senyawa kimia, terutama alkohol. Konsumsi alkohol berlebihan akan merusak sel-sel hati secara permanen dan dapat berkembang menjadi gagal hati atau sirosis. Penggunaan obat-obatan melebihi dosis atau paparan racun juga dapat menyebabkan hepatitis.


Pada beberapa kasus, hepatitis bisa terjadi karena kondisi autoimun pada tubuh ibu hamil. Pada hepatitis yang disebabkan oleh autoimun, sistem imun tubuh justru menyerang dan merusak sel dan jaringan tubuh sendiri, dalam hal ini adalah sel-sel hati, yang pada akhirnya menyebabkan peradangan.” pungkasnya.


Semoga dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penyuluhan KONSELING KELAS BUMIL DAN PENYULUHAN HIPATITIS pada ibu hamil   di setiap Kampung dapat guna mencetak generasi tunas muda harapan bangsa yang sehat dan berkualitas,” pungkas Pelda H M Sigiyo.(Arfn)
cetak agenda surabaya