Monday, May 13, 2019, May 13, 2019 WIB
Last Updated 2019-06-17T14:27:48Z
berita

WAKETUM DMI TUTUP REKERPIM PRIMA DMI


Jakarta, Nuswantorp Pos - Drs. H. Syafrudin, M.Si, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, menutup Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI), Ahad 12 Mei 2019 di Jakarta.


Rapat Kerja Pimpinan yang dilaksanakan pertama kalinya ini dalam masa kepengurusan Pimpinan Pusat PRIMA DMI mengusung tema: *"Tata Administrasi, Penguatan Organisasi dan Perumusan Program Kerja PP PRIMA DMI*" ini berlangsung sejak 11 Mei hingga 12 Mei bertempat di kantor sekretariat DMI Jenggala, Jakarta Selatan.


Ketua Umum PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, menyampaikan bahwa kegiatan RAKERPIM ini merupakan agenda strategis organisasi untuk menentukan arah kebijakan organisasi, menguatkan konsolidasi dan mekanisasi organisasi, juga membangun fondasi organisasi secara administratif - demi terbangunnya organisasi PRIMA yang siap untuk berkhidmat untuk umat, ikut ambil bagian aktif dalam mewujudkan visi besar Ketua Umum DMI, pak JK: "Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid".


Kegiatan ini juga secara konkrit merumuskan agenda agenda organisasi selanjutnya serta menentukan bentuk dan fokus program-program unggulan yang akan dilaksanakan dalam periode kepengurusan di bawah kepemimpinan ketum Arafat. Setelah melalui proses pengkajian dan diskusi bersama tokoh senior DMI dan pakar, analisis potensi, analisis situasional serta melihat program unggulan yang ada di DMI, maka selaras dengan hal tersebut, PRIMA DMI memilih berfokus pada 3 orientasi program: Pembinaan dan Pengkaderan, Ekonomi Kemasjidan, dan Digitalisasi.


"Kami ingin membuat standar pembinaan kaderisasi dan latihan kepemimpinan bagi remaja masjid, sebagai cikal bakal pemimpin umat dan bangsa masa depan, dan insyaAllah di periode kepengurusan ini PRIMA DMI bertekad untuk menciptakan *10,000* kader remaja masjid yang dibina dengan sistem pengkaderan PRIMA", ujar Arafat. Ini adalah contoh rumusan program kerja terkait bidang pembinaan remaja masjid tersebut, di samping rumusan di bidang lainnya seperti: menjadikan masjid sebagai basis tempat melakukan riset, literasi dan kepelatihan vokasi lainnya, juga membangun komunitas penggiat ekonomi dari remaja masjid, serta mendigitalkan pembinaan remaja masjid melalui aplikasi digital seperti aplikasi DMI.


Dalam sambutannya, Waketum DMI, Drs. H. Syafrudin, M.Si, yang juga menteri Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi ini menyambut baik selesainya acara rapat kerja pimpinan tersebut dan mendukung program program PRIMA DMI ini dalam mengambil peran nyata dan kontribusi positif di tengah masyarakat Islam Indonesia. Apalagi PRIMA DMI merupakan wadah organisasi berkumpulnya para remaja masjid seluruh Indonesia, sehingga remaja masjid sebagai salah satu eksponen dalam generasi Islam, harus senantiasa bersiap diri menyongsong dan membangun peradaban baru Islam, dengan membuka cakrawala berfikir yang luas dan membangun karakter pribadi yang berakhlak mulia.


Dengan berbagai kemajuan dunia sekarang dalam berbagai bidang aplikasi, peradaban Islam ikut muncul, hadir dan berkembang pesat di berbagai belahan dunia, di kawasan Asia, benua Eropa maupun Amerika. "Ini adalah peluang besar. Dan sebagai remaja masjid, Anda harus bersiap diri sebagai generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan demi kepentingan Islam, Bangsa dan Negara", ungkap Syafrudin. Tahun tahun yang mendatang, khususnya di 2036 hingga 2045, akan terjadi arus perubahan besar di berbagai belahan dunia, dan generasi muda Islamlah yang akan menghadapi dan merasakan perubahan yang akan terjadi.


Tokoh yang sangat peduli dan berkomitmen tinggi dalam mengembangkan dan menyatukan potensi generasi muda Islam ini juga mengingatkan agar remaja masjid tidak terseret ke dalam hal hal yang negatif. "Walaupun peradaban Islam itu tidak bisa dilepaskan juga dari politik, saya menyarankan agar generasi Muda Remaja Masjid jangan terlalu cepat untuk terjun ke dunia politik. Perbanyak pengalaman terlebih dahulu untuk pengembangan diri di bidang _entrepreneur_ , mengembangakan ekonomi keummatan dan juga bidang lainnya yang terfokus untuk kemaslahatan ummat dan kejayaan islam", tandasnya.


Ia juga mengapresiasi agenda kerja PRIMA DMI ini sebagai wadah penyaluran aspirasi dan pengembangan potensi remaja masjid secara aktif, kreatif dan positif. "Selamat atas telah terlaksananya Rakerpim PRIMA DMI. Semoga membuahkan hasil yg bermanfaat dalam  merajut pengabdian tulus dan ikhlas sebagai _muharrik_ menjadi generasi pemimpin muslim sejati, cikal bakal Imaamulmuttaqien yang bermanfaat sebesar-besarnya bagi Agama bangsa dan negara Untuk mengejawantahkan Islam yang _Rahmatan lil 'alamin"_ , pungkasnya. (Ahmad Arafat / Andi Ghazly).