Thursday, May 23, 2019, May 23, 2019 WIB
Last Updated 2019-06-17T14:26:44Z
berita

UMBUL DONGO 1001 TUMPENG INDONESIA BERSYUKUR



Surakarta, Nuswantoro Pos - Pada hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 16.00 s.d 18.00 bertempat di Pendhapi Gedhe Komplek Balaikota Surakarta Jl. Jend Soedirman No. 2 Kel. Kampung Baru Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung Kirab 1001 Tumpeng Indonesia Bersyukur dan Umbul Dongo Warga Solo dalam rangka merayakan terpilihnya Ir. H. Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode Ke 2 Masa Bakti 2019-2024 yang diselenggarakan oleh Komunitas Warga Solo bekerja sama dengan Pemkot Surakarta dengan Penanggung jawab kegiatan FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta) yang dihadiri ± 1500 orang.


*Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :*

- FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta).

- Dr. Achmad Poernomo, M.Apt (Wakil Walikota Surakarta).

- Ir. Ahyani, MA (Sekda Kota Surakarta)

- Dra. Eny Tyasni Susana, MM (Asisten Oemerintahan Umum Sekda Kota Surakarta).

- Drs. Tamso, MM (Staf Ahli Walikota).

- Letkol Caj Achsin (Kasi Terrem 074/Wrt).

- Mayor Inf Alvian (Kasdim 0735/Ska)

Indradi, AP. SH. MM (Ka Kesbangpol Surakarta).

- Kompol I Ketut Sukarda, SH (Kabag Ops Polresta Ska).

- Drs. Hari Prihatno (Ka Dishub Kota Surakarta)

- H. Mashuri (Ketua PCNU Surakarta)

- Kepala OPD Jajaran Pemkot Surakarta.

- Camat dan Lurah Se Kota Surakarta.

- Gus Burhanudin Hilal (Ketua Pagar Nusa Surakarta dan Pengasuh Ponpes Ababil).

- Bambang Nugroho (Ketua DPD KNPI Surakarta)

- BRM Kusumo Putro, SH. MH (Deklarator JADI/Ketua LAPAAN RI)

- Tamu Undangan.

*Adapun peserta Kirab sebagai berikut :*

- Jogo Tirto Pembawa Bendera Merah Putih.

- Jogo Tirto Pembawa Garuda.

- Cucuk Lampah Manggalayudha Dinas Kebudayaan.

- Pembawa Tumpeng Utama FX. Rudy Hadiyatmo (Walikota Surakarta)

- 100 orang dari KNPI.

- 49 orang dari GP. ANSOR.

- 50 FATAYAT.

- 100 BANSER.

- 100 GUSDURIAN.

- 50 orang KADIN.

- 50 orang dari GAPENSI.

- 50 orang dari PAGAR NUSA.

- 300 orang dari SAYAP PDIP.

- 100 orang dari RELAWAN.

- 50 orang dari PAGAR AYU.


Adapun Rute Kirab 1001 Tumpeng Indonesia Bersyukur Mengelilingi Pendhapi Gedhe Komplek Balaikota Surakarta.


*Inti yang disampaikan oleh  FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta) sbb :*

a). Selamat sore puji syukur pada tuhan yang maha esa Pada sore ini kita diberi semangat dalam rangka Umbul dongo warga Solo dalam rangka menyikapi pelaksanaan pemilu dan pengumuman KPU. Bapak Ibu sekalian yang kami hormati bahwa acara ini dikemas oleh panitia Bapak Hari Prasetyo dan kawan-kawan, Saya menyampaikan ide  ibu Saya yang berpesan bahwa majunya negara, manusia itu jangan hilang Jawanya.

b). Dengan 1001 tumpeng ini sebagai bentuk bela negara yang mengayomi masyarakat yang dalam adil makmur dan merata. Kenapa bendera merah putih yang disana lambang keris karena keris  itu artinya Kebangkitan Ekonomi Rakyat Indonesia, dengan tulisan ini Bapak Jokowi dalam memimpin Republik Indonesia yang bersama Kyai Haji Ma'ruf Amin dalam kurung 5 tahun ini semoga bisa membangun merata bukan jawa sentris saja akan tetapi indonesia sentris yang kita cintai ini. 

c). Dengan Tumpengan ini melambangj

kan  rakyat mendukung dan rakyat harus dilayani tanpa membedakan suku agama golongan dan apapun. Kami atas pemerintah Surakarta dan warga Solo mengucapan selamat kepada bapak Jokowi dan Kyai Haji Ma'ruf Amin yang terpilih kembali menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Semoga bisa melayani rakyatnya secara merata, seperti apa yang dijanjikan dalam kampanye.

d). Kita yang berada di Solo, hanya mendukung doa semoga diberikan kesehatan keselamatan kebahagiaan dan kekuatan lahir dan batin. Dengan 1001 tumpeng ini diharapkan bisa melayani masyarakat dalam adil dan makmur Kenapa hari ini saya pakai caping karena ini menggambarkan melayani masyarakat Indonesia dan meminta bimbingan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami berharap kepada warga Solo, mari kita bersama kembali bersatu, Mari kita bersama-sama kembali menjadi warga masyarakat kota Solo yang hidup gotong royong budaya memiliki merawat dan mengamankan Kota Solo ini.

*Catatan :*

a). Kegiatan Kirab 1001 Tumpeng dan Umbul Dongo diselenggarakan oleh Komunitas Warga Solo yang di fasilitasi oleh Pemkot Surakarta sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas terpilihnya Ir. H. Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode Ke 2 Tahun 2019-2024.

b). Selama kegiatan berlangsung situasi aman kondusif.  (memed/red)