Thursday, May 23, 2019, May 23, 2019 WIB
Last Updated 2019-06-17T14:26:44Z
berita

DOA BERSAMA SUKSESNYA PEMILU DAMAI DAN KIRAB GARUDA DAN TUMPENG NASI INGKUNG YANG DISELENGGARAKAN OLEH PERWAKILAN BERBAGAI ELEMEN MASYARAKAT DENGAN KOORDINATOR SAPU GERANG


Surakarta, Nuswantoro Pos - Pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 mulai pukul 20.30 s.d 22.30 Wib bertempat di depan Kantor KPU Kab Klaten alamat Jl. Mayor Kusmanto Ds. Sekarsuli Kec. Klaten Utara Kab. Klaten telah dilaksanakan kegiatan Doa Bersama Suksesnya Pemilu Damai Kirab Garuda dan Tumpeng Nasi Ingkung yang diselenggarakan oleh peserta lk 100 Orang dari Perwakilan Berbagai Elemen Masyarakat dengan Koordinator Sapu Gerang (Gerakan Kebangsaan), selaku Ketua Gus Marzuki.


Hadir dalam kesempatan tersebut al :

1. Gus Marzuki (Ketua GP Ansor Klaten /Koordinator Sapu Gerang)

2. Bp. Indit dari Sapu Gerang

3. Nata Dwi Nugraha (Advokat)

4. Iwan Purwoko (Pemuda Katholik)

5. Bp. Yudianus (Ketua RW Sekarsuli)

6. Riky Suprapto (Ketua PSI Klaten)

7. Bayu Kurniawan (Densus 99 Banser Klaten)

8. Sdr. Yusuf Andi Pratama (Pengurus DPD PSI/Partai Solidaritas Indonesia Klaten/Relawan Sapu Gerang)

9. Banser


Adapun susunan acara sbb :


1. Pukul 20.35 Wib acara diawali dengan Kirab Garuda dan Tumpeng Nasi Ingkung dengan rute Star dari Gang (Samping Kantor KPU Klaten) Dk. Sungkur Baru Ds. Sekarsuli Kec. Klaten Utara Kab. Klaten melewati depan Kantor KPU Klaten menuju lokasi Doa Bersama (Sebrang jalan Kantor KPUD Klaten) dengan jarak kirab sekitar 25 M.


2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya


3. Pukul 20.45 Wib acara Ritual Doa yang ditujukan untuk para Pahlawan Demokrasi dan kesuksesan Pemilu tahun 2019 yang dipimpin oleh Abu Hasan.


4. Sambutan oleh Gus Marzuki selaku Koordinator Sapu Gerang, yang intinya :


- Kegiatan kali ini dilaksanakan dalam rangka mendukung KPU serta Penyelenggara Pemilu yang telah menyelenggarakan Pemilu secara jujur adil dan berjalan dengan baik dan lancar.

- Ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu atas kontribusi sehingga dapat berjakan dengan lancar dan damai.

- Malam ini kita juga mendoakan kepada para Pahlawan Demokrasi yang meninggal dunia dalam menjalankan tugas semogga mendapatkan tempat yang layak di sisiNya, serta yang sakit semoga segera diberikan kesehatan.

- Terima kasih juga kepada Aparat keamanan baik TNI dan Polri yang telah setia menjaga dan mengawal terselenggaranya Pemilu dan dapat menjamin NKRI terap kondusif.


5. Penyerahan tumpeng dari panitia kirab Sdr. Indit kepada Gus Marjuki selaku Koordinator Sapu Gerang.


6. Acara dilanjutkan kegiatan Kembul Dhahar (Makan bersama) Tumpeng Nasi Ingkung dan sarasehan.


7. Hiburan musik 


8. Sharing / Refleksi Terkait Pemilu :


a. Bp. Indit dari Sapu Gerang :

- Bahwa pelaksanaan Pemilu harus dilaksanakan dan disikapi dengan gembira.

- Pemilu kali ini sangat luar biasa, dan berdarah darah, karena banyak pengorbanan baik dari pelaksana Pemilu maupun tenaga dan biaya, demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, sehingga jangan sampai disia siakan hasil Pemilu ini.

- Kita semua harus komitmen untuk menjaga negara ini, sehingga siapapun harus bisa legowo dalam menerima hasil Pemilu ini.


b. Sdr. Nata Dwi Nugraha (Advokat) :

- Filosofi Sapu Gerang yaitu Persatuan adalah yang utama, bukan dimaknai mendukung 01.

- Bahwa kekuatan itu adalah apabila satu satuan dari segala elemen / unsur masyarakat dapat bersatu, sehingga menjadi kekuatan yang luar biasa.

- Gerang adalah dewasa, sehingga bagi siapapun yang sedang berkompetisi / proses harus mau menerima segala konsekuensinya.

- Sapu gerang ini akan mengajak semua orang untuk kembali bersatu untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

- Siapapun yang akan merongrong dan mengganggu kenyamanan di wilayah kita harus kita lawan bersama.


c. Bp. Yudianus (Ketua RW Sekarsuli) :

- Sebagai Ketua RW Sekarsuli dan sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih dan bangga atas terlaksananya kegiatan ini.

- Malam ini telah bisa menyatukan dari beberapa elemen dengan tujuan sangat mulia yaitu untuk peduli dan doa bersama atas terlaksananya Pemilu, sehingga situasi di wilayah Klaten dapat tercipta situasi yang kondusif.

- Dengan berkumpulnya beberapa elemen disini, sehingga sudah tidak ada lagi 01 dan 02, sekarang adanya 03 yaitu Persatuan Indonesia.

- Kebersamaan ini untuk Indonesia ke depan yang lebih baik.

- Dengan doa kita bersama tadi, sehingga mudah mudahan bisa merubah situasi yang ada saat ini baik di Jakarta dan wilayah lainnya supaya segera damai dan bisa bersatu kembali.


9. Menyanyikan lagu Padamu Negeri


10. Penutup


Selama kegiatan berjalan dengan aman lancar dan mondusif.


*Catatan :*

Kegiatan Doa Bersama Suksesnya Pemilu Damai Kirab Garuda dan Tumpeng Nasi Ingkung yang diselenggarakan oleh Perwakilan Berbagai Elemen Masyarakat yang tergabung dalam wadah Sapu Gerang dilaksanakan dalam rangka ucapan terima kasih atas pelaksanaan Pemilu serta untuk mempersatukan semua elemen di wilayah Klaten pasca pengumuman hasil Pemilu 2019.  (memed/red)